Dinkes Garut Minta Masyarakat Waspadai Jajanan Chiki Ngebul: Bisa Merusak Jaringan Tubuh!

Chiki Ngebul
Puluhan anak di Jawa Barat mengalami gejala keracunan usai mengkonsumsi Chiki Ngebul. (foto: istimewa)

Asep menyampaikan untuk di Garut selama ini tidak ditemukan kasus anak keracunan jajanan Chiki Ngebul, meski belum ada kasusnya tetap harus diwaspadai oleh masyarakat.

Asep menyebutkan dalam produk Chiki Ngebul itu ditemukan kandungan ‘ice smoke’ yang di dalamnya terdapat zat nitrogen yang dicampurkan dengan makanan, sehingga menimbulkan asap yang menarik perhatian anak-anak.

Baca Juga:  Gelar Raker, PT Dahana Siap Menangkan Persaingan di Era Disrupsi

Namun asap yang ditimbulkan dari zat nitrogen itu, kata dia, akan berpengaruh terhadap saluran pernapasan, sehingga menimbulkan gejala seperti mual, muntah-muntah, iritasi tenggorokan, sampai masalah lambung.

Baca Juga:  Rem Blong, Truk Seruduk Rumah Warga di Cikalongkulon Cianjur

“Karena efek dinginnya jadi zat nitrogen ini jika dimakan atau dikonsumsi oleh anak atau individu, maka akan terjadi efek dingin pada tenggorokan, dan bilamana ini terjadi akan mengganggu, lebih jauhnya lagi adalah kaget respons tubuh terhadap hal tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga:  Peserta Aksi 299 & Aparat Keamanan Salat Jum’at Berjamaah

Asep berharap masyarakat yang menjual makanan untuk tidak menggunakan zat nitrogen berlebihan dari ambang batas yang ditentukan karena akan membahayakan kesehatan manusia.