Dishub Jabar Klaim Arus Mudik Lebaran 2023 Lancar, Benarkah?

Mudik Lebaran
Ilustrasi kendaraan saat mudik. (Foto: Detik.com).

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat A. Koswara mengatakan bahwa arus mudik lintas Jabar pada momen Idul Fitri 1444 Hijriah berlangsung sangat lancar, terutama pada jalur Jabar utara.

Sedangkan pada jalur selatan, seperti lintas Tasikmalaya dan Garut masih terjadi kemacetan di beberapa titik, seperti di pasar tumpah jalur Limbangan – Malangbong – Kadungora.

Baca Juga:  Ternyata Inilah Yang Menjadi Penyebab Anda Mengalami Asam Urat Di Usia Muda

“Peran serta masyarakat menaati lalu lintas sangat penting. Pemberlakuan rekayasa lalu lintas tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak dibarengi kepatuhan,” kata Koswara dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) terkait Evaluasi Arus Mudik/Balik 2023/1444 Hijriah di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga:  Miliki Potensi Besar, Ono Surono Sebut Subang Utara Paling Siap Jadi CDOB

Untuk jalur selatan, menurutnya perlu koordinasi dengan pemerintah daerah setempat guna pengaturan pasar tumpah saat arus mudik berlangsung. Cara lainnya adalah dengan membuat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di antara jalur Limbangan – Malangbong.

Baca Juga:  Seniman Asli Bandung Buat Ilustrasi 'Sirkus Demit', Kritik Kehidupan yang Memiliki Arti Ini

“Limbangan – Malangbong masih terkendala pasar tumpah. Ke depan akan lebih baik jika dibuatkan juga JPO. Tapi jika Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) sudah ada akan berbeda kondisinya,” tegas Koswara.