Dua Pemuda Pembuang Sampah di Saluran Irigasi Wanayasa Purwakarta Harus Disanksi Tegas

Tangkapan layar dari Video unggahan warga. (Foto: Dok Warga)

“Kita lihat bagaimana sampah-sampah yang di buang langsung oleh Pemuda tersebut ke saluran irigasi. Itu adalah dosa yang nanti bisa dipertanggungjawabkan,” ucap pria yang akrab disapa Kang Ipin itu.

Ia mengatakan upaya pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam menjaga kebersihan di wilayah Purwakarta harus terus dilakukan bersama-sama. Hal itu juga perlu dari kesadaran masyarakat untuk ikut membantu menjaga kebersihan lingkungan, baik kebersihan di darat maupun sungai, agar Kabupaten Purwakarta bersih dan asri.

Baca Juga:  Ledakan di Mapolrestabes Medan Awalnya Dikira Travo Meledak

“Jadi memberikan efek jera sekaligus mengedukasi mengenai pentingnya keberadaan saluran irigasi ataupun sungai, maka pelaku pembuangan sampah tersebut harus diberikan sanksi tegas,” tutur Kang Ipin.

Baca Juga:  Tak Kuasa Menahan Tangis Saat Akad Nikah, Kiki Amalia Mengaku Sedih Karena 2 Hal Ini

Padahal seperti diketahui, kata dia, membuang sampah sembarangan ke sungai ataupun saluran irigasi memiliki banyak dampak terhadap lingkungan. Di antaranya ialah banjir. Penumpukan sampah di sungai akan membuat saluran air mampet. Sehingga air akan meluas dan menyebabkan banjir.

Baca Juga:  183 Kades di Purwakarta Terima Motor Dinas dari Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

“Kemudian membuang sampah sembarangan di saluran irigasi ataupun sungai dapat berkontribusi terhadap pencemaran air dalam beberapa cara. Ketika orang membuang sampah mereka langsung ke air, maka sungai dan danau dapat tercemar,” ucap Kang Ipin.