Duh! Angka Bencana Alam Tahun 2023 di Kota Bogor Melonjak, Paling Banyak Ini

Bencana Alam
Bencana alam longsor di Kota Bogor. (Foto: Dok. BPBD Kota Bogor).

“Hal ini disebabkan oleh kondisi bangunan yang rentan terhadap berbagai faktor, salah satunya adalah kekeringan yang melanda beberapa wilayah, terutama di Bogor Selatan dan Tanah Sareal,” kata Theofilo, Minggu (26/11/2023).

Pada Agustus 2023, terdapat 49 kejadian bencana, termasuk 16 titik tanah longsor, 5 kejadian pohon tumbang, 13 bangunan roboh, 1 kasus orang hanyut, 3 kebakaran, dan 7 penyelamatan hewan.

Baca Juga:  Penerbangan Dialihkan Ke Lombok, Rombongan PWI Riau Kelaparan Di Pesawat Lion Air

Pada September 2023, meskipun jumlah kejadian bencana mengalami penurunan, tetap tercatat 48 kejadian. Di antaranya 2 tanah longsor, 12 pohon tumbang, 9 bangunan roboh, 13 kebakaran, dan 12 penyelamatan hewan.

Baca Juga:  Masuki Musim Penghujan, Tim SAR Cek Tebing Rawan Longsor di Wilayah Pacet Kabupaten Bandung

Kemudian pada Oktober 2023, terjadi peningkatan drastis dengan 87 kejadian bencana. Termasuk di dalamnya adalah 10 tanah longsor, 30 angin kencang, 25 pohon tumbang, 27 bangunan roboh, 5 kebakaran, 12 penyelamatan hewan, dan 14 kekeringan.

Baca Juga:  Bambang Tirtoyuliono Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Penanganan Darurat Sampah di Bandung

“BPBD Kota Bogor telah melakukan langkah-langkah seperti pendistribusian air bersih ke lokasi terdampak kekeringan serta upaya penyelamatan dan pemulihan untuk mengatasi dampak bencana yang terjadi,” jelas Theofilo.