Pengakuan TKW Asal Karawang, Ditawari Kerja di Turki, Dijual sebagai Budak di Suriah

Ilustrasi kasus TKW asal Karawang.
Ilustrasi kasus TKW asal Karawang. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ KARAWANG – Kabar mengejutkan datang dari seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau TKW asal Karawang bernama Dede Asiah Awing Omo. Perempuan berusia 37 tahun ini mengaku telah dijual sebagai budak di negara Suriah.

Nasib buruk yang dialami Dede ini ia ceritakan melalui sebuah video yang kini viral di media sosial. Dalam video berdurasi pendek itu, Dede mengaku ingin segera dipulangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga:  Pengendara Motor di Karawang Nekat Terobos Pintu Perlintasan KA, Akhirnya Tewas Ditempat

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, nama saya Dede Asiah dari Karawang, tolong saya, saya pengin pulang, perut saya sakit,” ujar Dede, seperti dalam video yang beredar.

Baca Juga:  Warga Bekasi Harus Terapkan Protokol Kesehatan, Covid-19 Masih Mengintai

Dalam video berdurasi 2 menit itu, Dede menceritakan awal mula dirinya hingga sampai ke negara Suriah. Menurut Dede, awalnya ia ditawari bekerja di negara Turki oleh salah satu perusahaan penyalur tenaga kerja dengan gaji sekitar 600 Dollar.

Baca Juga:  Temukan Banyak Penyiksaan, Pemerintah Pulangkan 200 TKI di Malaysia

Singkat cerita, tawaran itu ia terima. Ia pun kemudian diberangkatkan ke Istambul, Turki, ia mengaku malah dibuang ke Suriah. “Setelah saya mendarat di Istanbul, saya dibuang ke Suriah,” ujarnya Dede dikutip dari Kompas.com.