Duh! Gawat, Pesta Bikini di Depok Disebabkan Pengaruh Budaya Luar

Polisi menggerebek pesta bikini yang dilakukan ratusan anak mua di Perumahan Pesona 2 Depok, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022) dini hari. (Foto: Suara.com).

JABARNEWS | DEPOK – Pengamat sosial Vokasi Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati mengatakan, pesta bikini di Depok oleh sekelompok anak-anak muda disebabkan karena dipengaruhi oleh budaya luar yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia.

Baca Juga:  Dua Warga Rajagaluh Diduga Teroris Diamankan Densus 88

Dia mengatakan, studi-studi yang dilakukan sejak 60 tahun lalu menunjukkan pengaruh media sangat kuat dalam mempromosikan budaya lain.

Sehingga, lanjut Devie, membuat komunitas atau masyarakat baik yang menyaksikan budaya tertentu untuk kemudian menirunya terhadap budaya tersebut.

Baca Juga:  Seorang Pria di Depok Pilih Bunuh Diri Usai Bertengkar dengan Istri, Ini Penyebabnya

“Kita perlu sadar bahwa perilaku yang ditunjukkan oleh anak-anak muda tersebut bukan merupakan bagian dari budaya sosial Indonesia,” kata Devie Rahmawati di Depok, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga:  Joko Driyono Di Obok-Obok

“Menggunakan bikini lalu meminum minuman keras itu jelas bukan budaya Indonesia ini adalah bagian dari budaya luar yang kemudian ditiru oleh anak-anak kita,” tambahnya.