Duh! Jalur Gentong dan Salawu Tasikmalaya Rawan Tanah Longsor, Pemudik Diminta Waspada

Jalur Gentong
Jalur Gentong, Tasikmalaya. (Foto: Istimewa).

“Kami telah mem-‘plotting’ personel gabungan itu sudah dengan potensi kerawanan, khusus di Gentong potensi longsor, kita bekerja sama dengan pemerintah daerah PUPR akan menyiapkan alat berat,” ungkapnya.

Terpisah di wilayah hukum Polres Tasikmalaya yakni kawasan Salawu yang merupakan jalur alternatif menghubungkan Kabupaten Garut-Singaparna, Tasikmalaya tercatat sebagai kawasan rawan longsor karena terdapat tebing dan jurang.

Baca Juga:  SAR Brimob Polda Jabar Cek Daerah Rawan Longsor di Cipanas Cianjur, Ini Hasilnya

Rawan bahaya longsor di jalur Salawu itu dibenarkan KBO Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya Ipda Indra Firmansyah yang selama ini menjadi perhatian khusus kepolisian dan pemerintah daerah untuk mewaspadai dan mengantisipasinya, salah satunya dengan menyiapkan alat berat.

Baca Juga:  Ini Kronologi Buka Bersama Geng Motor di Tasikmalaya yang Bikin Rusuh Warga

Joko mengimbau masyarakat, terutama pengendara agar selalu waspada saat melewati jalur alternatif Garut-Tasikmalaya yang memiliki potensi longsor saat musim hujan. “Kami terus melakukan sosialisasi untuk keselamatan pengendara yang melintasi jalur Salawu,” bebernya.

Baca Juga:  Bawaslu Kota Bandung Ingatkan Panwascam Junjung Tinggi Netralitas di Pemilu 2024

Dia menyampaikan selain imbauan, juga sudah dilakukan pemasangan rambu-rambu agar pengendara dapat mengetahui kawasan rawan bencana longsor di sepanjang jalur itu.