Duta Merah Putih Apresiasi Perguruan Karate, Belajar Sejarah Gedung Karesidenan

RW Urip selaku Duta Merah Putih mengunjungi perguruan karate yang sedang berlatih di Gedung Keresidenan
RW Urip selaku Duta Merah Putih mengunjungi perguruan karate yang sedang berlatih di Gedung Keresidenan. (foto: istimewa)

Dalam Foto tersebut terdapat peristiwa sejarah kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia pertama, Bung Hatta ke Gedung Karesidenan. Dalam foto tersebut terlihat Bung Hatta melakukan pertemuan dengan beberapa petinggi negara dan tokoh Purwakarta.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Untuk Jawa Barat Hari Ini

Gedung Karesidenan merupakan peninggalan bersejarah yang didirikan pada tahun 1830-an. Tahun tersebut merupakan awal mula kota Purwakarta didirikan oleh Bupati R.A.A Suriawinata selaku Dalem Sholawat.

Selain berfungsi sebagai kantor dan tempat tinggal kepala pemerintahan Hindia-Belanda. Pada masa pendudukan Jepang, gedung tersebut sempat menjadi markas tentara Jepang.

Baca Juga:  Wanita Idaman... Tiga Mahasiswi Cantik STAI Muttaqien Purwakarta Ini Torehkan Prestasi Gemilang

Pada era kemerdekaan Tentara Republik Indonesia sempat menempati Gedung tersebut. Bahkan Jenderal Besar AH. Nasution juga sempat berkantor di gedung tersebut.

Baca Juga:  Purwakarta Lahirkan Duta Merah Putih untuk Indonesia

Kemudian selanjutnya menjadi kantor residen yaitu jabatan setingkat pembantu Gubernur Jawa Barat yang membawahi 4 Wilayah : Purwakarta, Karawang, Subang, Bekasi. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News