Fasya Unisba Lakukan Ru’yatul Hilal Awal Dzulhijjah 1443 H, Ini Hasilnya

Fasya Unisba Lakukan Ru’yatul Hilal Awal Dzulhijjah 1443 H. (Foto: Istimewa).

Posisi bulan/hilal berada pada Azimuth 297˚17’02. Sedangkan posisi Matahari berada pada azimuth 293˚10’03. Nilai ini dihitung dari titik Utara sejati ke arah Timur-Selatan-Barat melalui lingkaran horizon atau ufuk sampai dengan proyeksi bulan dan matahari di ufuk searah dengan perputaran jarum jam.

Baca Juga:  Walhi Jabar Minta APH Selidiki Billboard Tak Berizin di Kota Bandung

Berdasarkan data ini, bulan atau hilal berada di sebelah Utara/Kanan Matahari dengan selisih +4˚06’59.

Encep menyatakan, pada awal pengamatan hilal, tinggi hilal +1˚52’42”, selanjutnya secara berurutan Pkl. 17.50 WIB (+0˚51’44”). Tinggi hilal ini dihitung dari ufuk secara vertikal sampai dengan posisi bulannya. Jarak sudut lengkung bulan dari matahari yang disebut Elongasi berada pada nilai +4˚46’34.

Baca Juga:  Tak Terima Ditegur, Seorang Anak Tega Aniaya Ibu Kandung di Serdang Bedagai

Lebih lanjut, Encep menjelaskan, pengamatan ini menggunakan Teropong Digital Computerize tiga buah dan Teropong manual dua buah, serta dilakukan secara manual dan digital.

Baca Juga:  Viral Video Aksi Tawuran Antar Pelajar di Bogor, Netizen: Udah Miskin Banyak Tingkah

“Pengamatan digital menggunakan teropong Cem60 merk iOptron yang terpasang di dalam doom. Dibantu juga dengan kamera CCD BW yang menghubungkan teropong dengan laptop. Untuk membuka kamera tersebut digunakan software Sharpcap yang berfungsi untuk memonitor tangkapan hilal/matahari pada teropong,” tuturnya.