Gegara Burung, Pesawat Citilink di Yogya Batal Lepas Landas

JABARNEWS | YOGYAKARTA – Penerbangan pesawat Citilink QG 771 rute Yogyakarta-Jakarta pada Jumat (3/1/2020) pukul 05.30 WIB dibatalkan. Pesawat menabrak burung saat akan lepas landas di Bandara Adisutjipto.

VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina, mengungkapkan kejadian tersebut membuat pesawat harus kembali ke apron.

“Penerbangan mengalami Return to Apron (RTA) Yogyakarta dikarenakan alasan teknis yaitu bird strike (pesawat menabrak burung) pada salah satu engine pesawat, sehingga pesawat harus segera kembali demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan,” ungkap Resty dilansir dari laman Kumparan.com, Jum’at (3/1/2020)..

Baca Juga:  Lulusan STAI PUI Majalengka Harus Kompetitif

Sebagai antisipasi, kata dia, Citilink mengganti pesawat tersebut dengan pesawat lainnya yang didatangkan dari Semarang. Rencananya, penerbangan ke Jakarta dengan pesawat pengganti akan dilakukan pada pukul 12.30 WIB.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Satgas Evaluasi Pelaksanaan PTM di Kota Bandung

Citilink telah melaksanakan delay management dengan memberikan kompensasi kepada penumpang berupa snack, sedangkan untuk hot meals dan voucher sampai dengan report ini dibuat masih dalam proses.

Selain itu, Citilink telah melakukan koordinasi dengan pengelola untuk investigasi. Hal itu dilakukan untuk menegah kejadian serupa ke depannya.

Baca Juga:  Kata Camat Sukaresmi Soal Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur

“Citilink berkomitmen untuk mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan. Oleh karena itu, keputusan RTA merupakan keputusan yang sangat tepat. Kami selalu berupaya mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan kami,” tegasnya. (Red)