Gempa Tektonik Magnitudo 4,4 Guncang Bayah Banten

Ilustrasi gempa bumi Garut
Ilustrasi gempa bumi Garut. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Gempa bumi magnitudo 4,4 mengguncang wilayah Bayah, Banten tadi (Kamis 2 Februari 2023) pukul 19.45 WIB.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto, gempa bumi yang mengguncang Bayah, Banten merupakan jenis gempa tektonik.

Baca Juga:  Polisi Amankan Pria Asal Bekasi Diduga Sebarkan Aliran Sesat di Lebak Banten

Hasil analisa BMKG menunjukkan, bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,4. Episenter terletak pada koordinat 7.28 LS dan 106.14 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 km Barat Daya Bayah-Banten pada kedalaman 25 Km.

Baca Juga:  Keindahan Alam di Desa Kubang Baros Banten

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di Bayah, Banten merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” kata Hartanto dalam siaran pers-nya, Bandung, Kamis 2 Februari 2023.

Baca Juga:  Dampak Gempa Sukabumi, BPBD Jabar Sebut Rusak 5 Rumah Warga

Terkait dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, dan berdasarkan laporan dari masyarakat. Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Bayah, Malingping, Ciracap dan Surade dengan Skala Intensitas III MMI.