GP Ansor Sambangi Polres Karawang, Minta Tidak Izinkan Kegiatan HTI

JABAR NEWS | KARAWANG – Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Karawang meminta Polres Karawang tidak memberi ruang pada gerakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Kabupaten Karawang.

Ansor menilai, gerakan HTI berbahaya pada kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena mengusung gagasan khilafah menggantikan pancasila.

Permintaan ini, disampaikan langsung kepada Wakapolres Karawang Kompol Irwansyah di Mapolres Karawang, Rabu (12/04/2017).

Ketua GP Ansor Kabupaten Karawang, Ade Permana SH, mengatakan, kemarin GP Ansor se-Jawa Barat turun serentak mendatangi pihak kepolisian di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga:  Aktivitas Warga di Tingkat RW Kota Bandung Semakin Hidup

Tuntutannya sama, meminta kepolisian tidak memberikan ruang HTI untuk melakukan kegiatan apapun.

“Hari ini (kemarin,red) GP Ansor se- Jawa Barat mendatangi polsek di wilayah masing-masing, meminta tidak mengizinkan HTI mengadakan kegiatan apapun. Tadinya kami ingin bertemu langsung dengan Kapolres, tapi beliau lagi umroh. Jadi kami tadi diterima Wakapolres,” kata Ade.

Diteruskannya, ada beberapa tuntutan yang sampaikannya, pertama, GP Ansor menuntuk dan mendesak kepada Bupati, DPRD, Kapolres dan Kodim untuk tidak diam dan memberikan ruang kepada kelompok-kelompok sosial dan keagamaan yang memprakarsai tumbuhnya gerakan anti pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini, Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Kedua, menolak gagasan khilafah yang diusung oleh HTI karena bisa menimbulkan perpecahan dan mengancam keutuhan NKRI yang Bhineka Tunggal Ika.

“Ketiga, seluruh kegiatan HTI yang melakukan propaganda khilafah dengan maksud mengubah pancasila sebagai ideologi bangsa,” tegasnya.

Keempat, lanjut Ade, GP Ansor menuntut pembubaran HTI baik secara organisasi, faham maupun pola tindakan. Kelima, GP Ansor mengajak pengikut HTI untuk kembali kepada ajaran Islam Ahlusunnah wal Jamaah yang Rahmatan lil’alamin dalam bingkai NKRI.

Baca Juga:  Ini Arahan AKBP Edwar Untuk Personel Polres Purwakarta

“Tuntutan ini, akan kami tembuskan juga kepada Bupati, Ketua DPRD dan komandan Kodim. Kami berharap, pihak kepolisian bisa bertindak tegas terhadap HTI, agar tidak ada gesekan ditingkatan bawah,” paparnya.

Di tempat yang sama, Wakapolres Karawang Kompol Irwansyah, segala tuntutan dari GP Ansor tersebut, akan disampaikan pada pimpinannya. Dia berpesan, GP Ansor untuk tetap menjaga kondusifitas.

“Kami menyambut baik dengan kedatangan GP Ansor dan tuntutan ini akan kami sampaikan pada pimpinan,” ungkapnya (Mul)

Jabar News | Berita Jawa Barat