Harga Kacang Kedelai Naik Lagi, Pengrajin Tahu dan Tempe Ancam Mogok Masal

Pengrajin tahun ancam mogok jika Harga Kedelai Kembali naik

JABARNEWS | BANDUNG – Harga kacang kedelai kembali mengalami kenaikan harga yang signifikan, dari Rp11.000-Rp12.000 per kg, naik menjadi Rp12.800-Rp13.000 per kg.

Dengan kondisi ini, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah memastikan, stok kacang kedelai di Kota Bandung aman dan terkendali. Sehingga, para pengrajin tahu dan tempe tak perlu melakukan aksi mogok produksi.

“Seluruh anggota pengrajin tahu tempe yang masuk ke Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (Kopti) Kota Bandung berjumlah 576 orang sudah mendapatkan subsidi harga kacang kedelai sebesar Rp1.000 per kg yang dimulai dari bulan April,” papar Elly di Balai Kota Bandung, Jumat 28 Oktober 2022.

“Bulog ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai penyalur untuk subsidi tersebut. Bulan oktober ini sudah tahap kelima,” lanjutnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Disdagin telah berdiskusi dengan pihak Bulog Cabang Bandung dan pengurus Kopti Kota Bandung semasa aksi mogok pertama yang tidak jadi dilaksanakan.