Herman Suherman akan Gencarkan Kembali Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman. (Foto: Mul/JabarNews).

Sentra pertanian di Cianjur, tutur dia, akan lebih dikembangkan dengan melakukan pelatihan, pendampingan hingga bantuan modal bagi petani muda atau milenial akan diberikan, sehingga pasokan atau stok kebutuhan pangan di pasar Cianjur dapat dipenuhi dari dalam.

“Selama ini pasokan sayur mayur masih mengandalkan kiriman dari Bandung Barat, Garut dan Jawa Tengah, tahun ini kita gencarkan kembali pengembangan sentra pertanian di Cianjur agar dapat memberikan pasokan sesuai kebutuhan pasar yang ada,” jelasnya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Gelar Pasar Murah, Warga Berharap Bisa Rutin

Seiring dengan berkembangnya sentra pertanian di Cianjur, berbagai upaya untuk menekan kenaikan harga dapat dilakukan dengan cepat karena tidak lagi mengandalkan pasokan dari luar daerah yang membutuhkan biaya operasional cukup tinggi ketika stok minim.

Baca Juga:  BEM Cianjur Unras Tolak Kenaikan BBM Hingga Pembangunan IKN

“Kita akan putus jalur distribusi yang membutuhkan biaya lebih, sehingga kenaikan harga tidak dapat dilakukan karena pasokan dari luar daerah, berbeda dengan sentra pertanian dari dalam Cianjur,” bebernya.

Baca Juga:  Duh, Bocah di Purwakarta Kecanduan Hirup Bensin

Tidak hanya memberikan bibit tanaman gratis, saat ini, Pemkab Cianjur, tengah memperluas lahan pertanian untuk mengembangkan produk pertanian yang selama ini dipasok dari luar daerah seperti bawang merah, bawang putih dan kedelai di wilayah utara dan selatan Cianjur.