Herman Suherman Ingin Stimulan Tahap IV Gempa Cianjur Cair Sebelum Pemilu 2024

Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman. (Foto: Humas Pemkab Cianjur).

JABARNEWS | CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan bahwa pihaknya menargetkan pencairan stimulan tahap IV dari Pemerintah Pusat bagi penyintas gempa, sebelum Pemilu 2024.

Menurut Herman, seluruh data sudah diserahkan ke pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah agar pencairan stimulan tahap IV yang ditunggu-tunggu warga penyintas gempa dapat segera cair karena masih ada warga yang menghuni tenda dan hunian darurat.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Belum Tamat, Menkes Budi Gunadi Ungkap BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia

“Kami upayakan sudah dapat dicairkan sebelum Pemilu 2024 agar warga yang belum bisa membangun rumah yang rusak akibat gempa dapat kembali mengisi rumahnya, kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat agar sesuai rencana,” kata Herman di Cianjur, Senin (8/1/2024).

Baca Juga:  Izin Cari Rumput, Seorang Pria di Cianjur Ditemukan Tewas Gantung Diri

Dia menjelaskan data rumah rusak akibat gempa tahun 2022 yang belum mendapat bantuan dari pemerintah pusat yang masuk dalam tahap IV sebanyak 37 ribu unit yang tersebar di sejumlah kecamatan terdampak dengan jumlah terbanyak di Kecamatan Cugenang dan Cianjur.

Baca Juga:  Warga di Cianjur Jebak Perselingkuhan Paman dan Keponakan, Ketahuan Gituan di Dapur

Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu jawaban dari Kementerian Keuangan terkait kepastian pencairan bagi puluhan ribu penerima bantuan pembangunan kembali rumah mereka yang rusak akibat gempa Cianjur sesuai dengan target.