Herman Suherman Sebut 50 Persen Korban Gempa Cianjur Bangun Rumah Secara Mandiri

Bupati Cianjur Herman Suherman. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman menyebutkan bahwa 50 persen dari puluhan ribu korban gempa yang masuk dalam daftar penerima bantuan pembangunan rumah, sudah melakukan pembangunan secara mandiri dan melalui pihak ketiga.

Herman mengatakan bahwa warga korban gempa yang sudah masuk dalam daftar penerima bantuan sebanyak 87 ribu orang tersebar di sejumlah kecamatan yang terdampak gempa.

Baca Juga:  Polisi Ungkap Kasus Pembunuhan Pria di Cianjur, Ini Modusnya

“Untuk jumlah warga yang sudah membangun kembali rumahnya dari dana bantuan pemerintah sekitar 50 persen atau di angka 44 ribu rumah. Untuk yang membangun secara mandiri dan melalui pihak ketiga jumlahnya hampir sama 50 persen,” kata Herman di Cianjur, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga:  Budidaya Lobster Disebut Jadi Solusi Nelayan di Pantai Selatan Cianjur saat Paceklik Ikan

Dia menjelaskan, pihaknya sejak jauh hari sudah mendorong pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mempercepat pencairan bantuan untuk korban gempa Cianjur agar dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca Juga:  PVMBG Tingkatkan Status Gunung Sinabung Jadi Level Awas

Namun, lanjut Herman, pihaknya belum dapat memastikan sampai kapan pencairan bantuan dapat tuntas dilakukan karena menurut dia, warga yang belum terdata tetap dapat mengajukan permohonan untuk mendapat bantuan pembangunan rumah yang nantinya di masukan ke penerima tahap IV dan V.