Hindari Mengkonsumsi Ini Secara Berlebihan, Bisa Sebabkan Stres

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak orang yang menjadikan makanan sebagai pelampiasan untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Umumnya, makanan yang terasa nikmat di lidah juga dianggap dapat memperbaiki suasana hati.

Namun ternyata, tidak semua makanan yang lezat bisa memberikan efek yang positif bagi suasana hati. Bahkan, beberapa makanan yang ternyata favorit banyak orang sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak stres saat kita memakannya.

Oleh sebab itu berikut beberapa makanan yang bisa menyebabkan stres yakni:

Baca Juga:  Tips Kurangi Risiko COVID-19 dalam Kegiatan Keagamaan

Pertama. Gula – Saat kamu sedang stres, tubuh melepaskan lebih banyak kortisol, suatu hormon yang bertanggung jawab untuk membantu kita mengelola stres dan kadar gula darah. Ketika makan makanan manis, kadar gula darah melonjak, dan tubuh harus melepaskan lebih banyak kortisol untuk menyeimbangkan gula darah.

Selain mempengaruhi suasana hati, peningkatan kortisol juga memicu gangguan tidur, melemahkan imunitas, sakit kepala, dan mengidam makanan yang tidak sehat. Juga, fluktuasi kadar gula darah bisa memicu perasaan yang mirip dengan stres, termasuk kecemasan dan ketakutan.

Baca Juga:  Tiket Kandang Persib Sudah Dijual, Begini Cara Beli dan Harganya

Kedua. Tepung – Tepung telah melalui pemrosesan yang menyebabkan hilangnya lapisan terluar biji-bijian seperti gandum dan beras, padahal ini paling kaya serat dan dedaknya. Hilangnya lapisan penting tersebut membuat tepung dicerna dan diserap dengan cepat oleh tubuh.

Selanjutnya, tepung segera masuk ke aliran darah, menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang melepaskan kortisol ke dalam tubuh, kemudian memicu stres.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Sabtu 17 Desember 2022

Ketiga. Kafein – Kafein, seperti yang banyak terdapat dalam kopi, teh, coklat, dan minuman bersoda, bukan hanya meningkatkan kortisol dalam tubuh, tapi juga meningkatkan kecepatan detak jantung dan tekanan darah terkait dengan kecemasan.

Lebih jauh, kafein juga dapat menghambat penyerapan nutrisi yang meningkatkan suasana hati, seperti vitamin D dan vitamin B. Lebih buruk lagi, bagi banyak orang, kafein dapat membuat sulit tidur dan menyebabkan stres dan kelelahan. (Red)