Hujan Angin, Puluhan Rumah di Cicalengka Mengalami Kerusakan

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mencatat sekitar 30 rumah yang rusak diterpa hujan angin di Kecamatan Cicalengka, Minggu (1/11/2020).

Hujan yang disertai angin kencang itu juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah. Peristiwa itu terjadi mulai pukul 14.30 WIB hingga 16.55 WIB.

“Lokasi terdampak angin kencang di Cicalengka ada di lima desa. Rumah mengalami rusak ringan, rusak berat, hingga terendam air,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung Hendra Hidayat.

Baca Juga:  Tiga Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Bau Badan Menurut dr. Saddam Ismail

Dia menyampaikan, lima desa itu yakni Desa Margaasih, Narawita, Nagrog, Babakan Peteuy, dan Desa Dampit. Rumah rusak yang paling banyak terjadi di Desa Margaasih.

Di Margaasih, papar dia, ada empat rumah yang mengalami rusak berat, dan 10 rumah mengalami rusak ringan. Kemudian di Narawita ada satu rumah yang terendam air, dan tujuh rumah mengalami kerusakan.

Baca Juga:  Tiga Korban Longsor di Pasir Pogor Bogor Ditemukan, Pencarian Dilanjutkan

Selanjutnya, di Nagrog satu rumah mengalami rusak berat, di Babakan Peteuy ada empat rumah rusak berat, tiga rumah rusak ringan, kemudian di Dampit ada satu rumah rusak berat dan satu rumah mengalami rusak ringan.

Baca Juga:  Jembatan Ciherang Amblas, Jalur Penghubung Warga Dua Desa di Purwakarta Terputus

Dalam kejadian teraebut, terang Hendra, pihaknya tidak menerima laporan korban jiwa. BPBD Kabupaten Bandung telah menurunkan petugas untuk melakukan kaji cepat kerusakan yang terjadi.

Selain itu, masyarakat setempat juga turut membantu evakuasi material yang rusak akibat angin kencang. “Upaya sementara penanganan oleh warga masyarakat dan Muspika dan relawan setempat,” katanya. (Yoy)