Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Jadi Kunci Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

Yayasan Darul Rahmat
Kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan Pemuda Jawa Barat yang diinisiasi Yayasan Darul Rahmat di Kota Bandung, Rabu (14/12/2022). (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat menekankan pentingnya ideologi Pancasila dan wawasan kebangasaan dalam menciptakan kondusifitas jelang kontestasi politik atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Anggota Komisi I DPRD Jabar Rafael Situmorang mengatakan bahwa Jabar sebagai miniatur Indonesia harus dijaga heterogenitasnya dengan Pancasila yang menjadi pegangannya.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Pemkab Bogor Naikan Dana Bantuan Parpol Sebesar 100 Persen

“Sesama anak bangsa bisa jadi tidak rukun karena ada beberapa momentum politik yang mau tidak mau ada kontestasi, kalau Pancasila tidak kita pahami dan hayati bisa menjadi sumber perpecahan,” kata Rafael saat menghadiri kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan Pemuda Jawa Barat yang diinisiasi Yayasan Darul Rahmat di Kota Bandung, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga:  Ihsanudin: Proporsional Tertutup Ciptakan Oligarki Parpol

Oleh karena itu, dia menyampaikan pentingnya memahami ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan untuk para generasi muda.

“Karena dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila diharapkan menumbuh kembamlngkan sikap tersebut dalam implementasi kehidupan sehari-hari seperti bergaul, bertetangga, agenda kenegaraan,” jelasnya.

Baca Juga:  Soal Penundaan Tahapan Pemilu 2024, DPR RI: Putusan Pengadilan Negeri Ini Agak Aneh!