Ini Bahayanya Jika Berkendara Motor Sambil Menggunakan Headset

JABARNEWS | BANDUNG – Mungkin, bagi sebagian orang berkendara motor sambil mendengarkan musik menggunakan headset dapat membuat kalian menikmati perjalanan. Namun, tahukah Anda bahwa hal ini cukup berbahaya.

Apapun alasannya itu, mendengarkan musik sambil berkendara dengan sepeda motor Anda memang dapat membuat Anda lebih nyaman, tenang, dan fokus ke jalan. Sayangnya, dampak tersebut dari penggunaan headset saat berkendara motor tidak sebanding dengan risiko yang ditawarkan.

Oleh sebab itu berikut beberapa Resiko Mengendarai Motor sambil Mendengarkan Musik menggunakan headset yakni:

Baca Juga:  Yuk! Rayakan Tahun Baru Kamu di Safari Frozen Carnival

Pertama. Konsentrasi Saat Berkendara Berkurang – Bagi sebagian orang, alasan mendengarkan musik sambil berkendara agar mereka lebih fokus dan rileks ketika sedang berkendara.

Namun, hal ini tidak berlaku pada orang-orang yang mudah terdistorsi konsentrasinya, karena alih-alih membuat fokus justru akan membuatnya kehilangan fokus.

Kedua. Tidak Mendengarkan Klakson Pengendara Lain – Klakson berbunyi sebagai cara berkomunikasi antar kendaraan lain. Misalnya, ketika Anda sedang ingin menyalip kendaraan yang ada di depan, kalian bisa membunyikan klakson untuk memberikan pertanda bahwa Anda akan mendahului kendaraan yang ada di depan Anda.

Baca Juga:  Simak, Begini Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Untuk Lansia Di Bandung

Jika pengendara di depan Anda mendengarkan suara tersebut, biasanya mereka akan sedikit menepi dan membuka jalan untuk Anda. Namun, bayangkan jika situasinya pengendara di depan Anda menggunakan headset dan sedang mendengarkan musik cukup keras.

Ketiga. Kabel Headset Yang Mengganggu – Salah satu kendala ketika mendengarkan musik menggunakan headset berkabel saat berkendara adalah karena kabelnya yang panjang. Jika Anda tidak mengenakannya dengan tepat, kabel ini bisa mengganggu fokus Anda ketika berkendara.

Baca Juga:  Kebakaran Kembali Terjadi di Gunung Ciremai Kuningan, Ini Kata BTNGC

Hal menyebalkannya, bisa saja kabel tersebut menyangkut lengan atau tangan hingga menyebabkan Anda kehilangan kendali dan keseimbangan ketika sedang berkendara. Jika sudah demikian, sudah dapat dipastikan risiko paling buruknya adalah jatuh bahkan risiko kecelakaan lalu lintas bisa saja terjadi. (Red)