Inilah Profil Elon Musk, Orang Terkaya Di Dunia

JABARNEWS | BANDUNG – Elon Reeve Musk yang lahir di Afrika Selatan pada 28 Juni 1971 merupakan tokoh bisnis, penemu, dan industrialis dari Amerika Serikat. Ia merupakan pendiri, CTO, dan CEO SpaceX, CEO dan arsitek produksi Tesla, pendiri The Boring Company, dan pendiri Neuralink.

Setelah mengikuti kuliah perdagangan di Queen’s School of Business selama dua tahun, Musk mendapatkan gelar sarjana ekonomi dari the Wharton School of the University of Pennsylvania dan sarjana fisika.

Musk Melanjutkan Studi Ph.D. Fisika ke Stanford University pada tahun 1995 namun hanya mengikuti kelas selama 2 hari untuk melanjutkan karirnya dengan mendirikan Zip2, Musk juga ikut berperan dalam berdirinya PayPal. Musk memiliki tiga kewarganegaraan yaitu Afrika Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat.

Baca Juga:  Untuk Atasi Banjir Pemkab Garut minta Bantuan Pemprov

Lahir dari pasangan ibu Kanada dan ayah Afrika Selatan. Ibunya bernama Maye Musk, seorang model dari Regina, Saskatchewan, Kanada, sementara ayahnya adalah Errol Musk, seorang ahli elektromekanika, pilot, dan juga pelaut.

Ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Kimbal (lahir pada 1972) dan adik perempuan, Tosca (lahir 1974). Neneknya berasal dari Britania Raya, sementara kakeknya berasal dari Amerika Serikat. Setelah orang tuanya bercerai pada tahun 1980, Elon tinggal bersama ayahnya di Pretoria.

Sejak kecil, Elon sangat senang membaca dan belajar. Pada usia 10 tahun, ia mulai tertarik dengan mempelajari teknik komputer. Pada usia 12 tahun, ia belajar pemrograman dan berhasil membuat serta menjual kode komputer pada majalah komputer untuk sebuah gim yang ia beri nama Blastar dengan harga $500.

Baca Juga:  Berkolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Pemkab Purwakarta terus Berupaya Kurangi Angka Pengangguran.

Sekarang ia salah satu pendiri Tesla Motors dan saat ini menjabat sebagai kepala desain produk. Meski begitu, ketertarikan Musk terhadap mobil listrik sudah ada jauh sebelum pendirian Tesla.

Musk memimpin investasi Series A di Tesla Motors yang diinkorporasikan dan didanai 9 bulan sebelumnya oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Putaran Series A melibatkan investasi dari grup-grup investor kecil, termasuk SDL Ventures dan Compass Technology Partners. Akibat krisis keuangan 2008 dan pemutusan hubungan kerja di Tesla,[37] Musk terpaksa mengemban tugas-tugas CEO.

Baca Juga:  Peringati Hari Kesehatan Nasional, Pemkab Cirebon Lakukan Tes Swab Massal

Dilansir dari cnbcindonesia.com sekarang Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih US$185 miliar atau setara Rp 2.590 triliun (asumsi Rp 14/000/US$). Kenaikan harga saham Tesla, produsen mobil listrik, pada perdagangan bursa Amerika Serikat (AS) pada Kamis (7/1/2021), membuat harga kekayaan Elon Musk melampaui CEO Amazon Jeff Bezos yang menduduki posisi orang paling tajir di Bumi sejak 2017. Saat ini total kekayaan Jeff Bezos mencapai US$184 miliar.

Penulis: Muhammad Amaludin