Inilah Tiga Jenis Luluran Tradisional Indonesia Yang Bisa Menyehatkan Kulit

JABARNEWS | BANDUNG – Luluran merupakan salah satu cara wanita untuk menjaga kesehatan kulitnya. Tak hanya untuk wanita, beberapa kaum pria pun suka melakukan luluran. Di samping untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, luluran juga dapat membuat tubuh kita lebih rileks dan segar.

Di Indonesia, tradisi ini sudah ada sejak zaman dahulu dan terus diturunkan dari nenek moyang. Tak heran, banyak jenis lulur yang khas dari Indonesia dan juga disenangi oleh para wisatawan dari luar negeri.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Cirebon Akui Masih Ada Kendala untuk Tempat Isolasi Terpusat

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis luluran tradisional Indonesia yakni:

Pertama. Lulur bengkoang – Jenis Luluran tradisional Indonesia yang pertama yakni Bengkuang yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang banyak terkandung dalam bengkuang adalah vitamin C. Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi ini, bengkoang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C ditemukan dalam lapisan luar (epidermis) dan dalam (dermis) kulit Anda. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat.

Baca Juga:  Angka Pengangguran Kota Bandung Sentuh Angka 11,4 Persen, Akankah Bisa Turun di Akhir Tahun 2022?

Kedua. Lulur kopi – Untuk yang kedua jenis luluran tradisional Indonesia yakni Kopi, Lulur kopi dapat memberikan manfaat bagi kulit, misalnya dapat meningkatkan tekstur kulit supaya lebih halus dan lembut.

Lulur kopi juga dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga mendorong terbentuknya sel-sel kulit yang baru, yang ada di bawah dari kulit mati tersebut.

Baca Juga:  Banjir Rendam Kota Tebing Tinggi, Ketinggian Air Sampai 2 Meter

Ketiga. Lulur kuning Jawa – Lulur kuning jawa terbuat dari campuran bahan-bahan alami khas jawa, seperti tepung beras, kunyit, temu giring, dan daun pandan. Lulur ini dipercaya berguna untuk menghilangkan sel kulit mati, mendinginkan kulit, melembabkan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit.

Tepung beras memang telah dikenal dapat membantu memutihkan kulit. Tepung beras mengandung kadar PABA (para amino benzoic acid) tinggi yang dapat bertindak sebagai tabir surya. (Red)