Tiga Jenis Rumput Liar Ini Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Rumput liar umumnya hanya dianggap sebagai gulma atau tumbuhan pengganggu tanaman lain. Kehadirannya sering dianggap musuh bagi petani sehingga dicarikan berbagai cara membasmi rumput liar.

Seperti pesan tetua, semua yang tumbuh di bumi memiliki manfaat tersendiri. Manusia harus mencari tahu apa saja manfaat di balik segala ciptaanNya. Seperti halnya dengan rumput liar yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Oleh karena itu berikut beberapa jenis rumput liar yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga:  Pemkot Bandung Larang Pawai Obor dan Takbir Keliling, Dikhawatirkan Terjadi Hal Ini

Pertama. Anting-Anting – Anting-anting (Acalypha australis linn) merupakan tanaman gulma yang kerap dijumpai di tanah lembab, pinggir jalan, atau selokan. Bunganya berbentuk seperti untaian mutiara berwarna hijau. Sementara tanamannya sendiri seperti perdu.

Dilansir Farmasetika, anting-anting bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tanaman liar ini berkhasiat mengatasi pendarahan pada luka, menghentikan darah mimisan, membantu mempercepat penyembuhan luka, peluruh kencing hingga diare.

Baca Juga:  Jokowi Larang Uang PKH Digunakan Beli Pulsa

Kedua. Babadotan – Rumput liar yang Kerap disebut bandotan, wedusan, atau babadotan, tanaman bernama ilmiah Ageratum conyzoides ini kerap dimanfaatkan untuk mengobati luka. 

Babadotan juga bermanfaat untuk menurunkan demam. Caranya dengan membalur akar yang sudah dihaluskan ke badan.

Ketiga. Kitolod – Kitolod (Hippobroma longiflora, Isotoma longiflora) adalah tanaman liar dengan daun hijau tua dan bergerigi yang mudah ditemukan di dekat perairan atau tanah lembab. Bunganya berukuran mungil dan berwarna putih.

Baca Juga:  Polisi Buka Layanan Penitipan Motor Gratis Bagi Warga Karawang yang Mudik, Begini Caranya

Kitolod mengandung zat alkaloid seperti lobelin, lobelamin, dan isotomin, saponin, flavonoid, dan polifenol. Kitolod memiliki sifat anti inflamasi, anti kanker, analgesik, dan hemostatik. Tanaman ini juga berkhasiat untuk obat mata, sakit gigi, menyembuhkan luka, obat asma, obat radang tenggorokan. (Red)