Inovasi! Sepeda Bekas Disulap Poktan Jamali Mande Cianjur, Jadi Ini

Poktan Pawaci, Desa Jamali, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur menciptakan inovasi produksi mesin pemipil jagung memanfaatkan sebuah sepeda bekas sudah tidak terpakai. (Mul/JabarNews)

“Makanya dengan mereka membuat alat pemipil sendiri biarkan saja untuk memperdayakan warganya di sana. Bahkan menurut salah satu perusahaan sering memanfaatkan hasil tani poktan tersebut, bahwa pipilan dengan manual yang mereka lakukan itu hasilnya lebih baik.

“Karena kadar repraksi (jagung pecah) dapat ditekan (diminimalisir),” tandasnya.

Terpiah, Kepala UPTD PP Cikalongkulon, Eros Rostini mengatakan, bahwa Poktan Pawaci sangat kreatif dan dirinya sangat mengapresiasi karya poktan tersebut.

“Iya, itu alat pemipil jagung sederhana, hasil rakitan Poktan Pawaci Desa Jamali, Kecamatan Mande dengan kemampuan 1 Jam per kuintal,” katanya.

Eros mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh khususnya di Kecamatan Mande yang telah membimbing dan membina kelompok tani sehingga sehingga kelompok tani menjadi mandiri, kreatif, inovatif mampu berkarya dan mampu meningkatkan taraf hidup lebih sejahtera.