Inovasi! Sepeda Bekas Disulap Poktan Jamali Mande Cianjur, Jadi Ini

Poktan Pawaci, Desa Jamali, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur menciptakan inovasi produksi mesin pemipil jagung memanfaatkan sebuah sepeda bekas sudah tidak terpakai. (Mul/JabarNews)

JABARNEWS | CIANJUR- Kelompok tani (Poktan) Pawaci, Desa Jamali, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menciptakan inovasi dengan membuat mesin pemipil jagung memanfaatkan sebuah sepeda bekas sudah tidak terpakai.

Diketahui, kelompok tani itupun kini tidak perlu lagi repot untuk memipil jagung hasil tanamnya tersebut. Bahkan informasi yang diperoleh, para petani dapat memipil jagung per kuintal dalam waktu satu jam, Minggu (12/6/2022).

Koordinator PPL Kecamatan Mande Rahmat mengatakan, suatu inovasi yang patut diapresiasi, memang di daerah Jamali itu merupakan vioner dalam hal jagung hibrida, karena itu perkembangan jagung hibrida di wilayah tersebut sangat disambut antusias masyarakat.

“Sebetulnya di Kelompok Tani (Pokatan) Pawaci itu susah pernah diberikan alat pipil jagung oleh Dinas Pertanian Cianjur,” katanya.

Rahmat menuturkan, tapi dengan pertimbangan di wilayah itu ibu-ibu warga setempat sering diperdayakan dan memipil jagung dengan tangannya sendiri atau dengan alat mereka buat sendiri.