Inovasi Terbaik: Kelola Sampah Terpadu, Kelurahan Sukamiskin Wakili Jabar ke Tingkat Nasonal

Kelurahan Sukamiskin Kec. Arcamanik Kota Bandung Juara I Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Jabar Tahun 2023

JABARNEWS | BANDUNG  – Berkat berbagai karya inovasi hasil kerja sesama warganya, diantaranya cara pengelolaan sampah terpadu, Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung menjadi Kelurahan Terbaik se-Jawa Barat 2023 dan berhak mewakili Provinsi Jabar dalam lomba desa dan kelurahan tingkat nasional.

Kelurahan Sukamiskin terpilih setelah berhasil mengalahkan kelurahan dan desa lainnya di Jawa Barat pada lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat, Senin 26 Juni 2023.

Untuk kategori desa, Provinsi Jawa Barat juga akan diwakili oleh Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut ke ajang tingkat nasional tersebut, setelah tampil sebagai yang terbaik.

Baca Juga:  Tilang Elektronik di Jalur Busway Akan Diberlakukan

Kelurahan Sukamiskin berhasil menyingkirkan sainganya dari berbagai kota di Jawa Barat, salah satunya adalah Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi menjadi terbaik kedua untuk kategori kota, disusul Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi yang menempati urutan ketiga.

Kelurahan Sukamiskin sendiri menjadi terbaik setelah melakukan banyak inovasi, diantaranya pengelolaan sampah terpadu di TPST yang membawahi beberapa RW, antara lain di TPST Simpangsari RW 01, Kampung Takakura RW 09, Seni Tani RW 14, Buruan Sae Banjirsari RW 02, Java Cadle Art RW 17, Korea (Kolam Retensi Air) Sanimas RW 17 dan Posyandu Manggis RW 17.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Gulirkan Program Cegah Stunting Baru

Lurah Sukamiskin, Farida Agustini mengaku, sangat bangga dan bersyuku , tas hasil ini dan tentunya semua ini berkat dukungan dari berbagai pihak, terutama semua warga Kelurahan Sukamiskin.

“Terima kasih atas dukungannya serta memberikan kepercayaan kepada kelurahan Sukamiskin untuk dapat mewakili Jawa Barat dalam lomba desa dan kelurahan tingkat nasional tahun 2023,” ujarnya dilansir dari Instagram Kelurahan Sukamiskin @kel_sukamiskin.

Kelurahan Sukamiskin keluar sebagai juara, setelah melalui proses penilaian yang dilakukan  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat, yakni melakukan verifikasi lapangan terhadap peserta 3 besar lomba desa/kelurahan tersebut pada tanggal 19 hingga 21 Juni 2023.

Baca Juga:  Bejat, Seorang Ayah di Medan Lecehkan Putrinya Selama 3 Tahun

Dalam akun instagram @dpmdesajabar tersebut, DPM Desa Provinsi Jawa Barat juga sekaligus mengumumkan para urutan pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Berikut susunan pemenang Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat  adalah:

Kategori Kelurahan

  1. Juara Pertama:Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung
  2. Juara Kedua:Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi
  3. Juara Ketiga:Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi

Kategori Desa

  1. Juara Pertama:Desa Cinta Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut
  1. Juara Kedua :Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung
  2. Juara Ketiga:Desa Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta.

Selamat berjuang di tingkat nasional, Kelurahan Sukamiskin! (Diskominfo)