Jadi Alternatif Pencegahan Penularan HIV/AIDS, Jabar Terima 425.808 Lembar Kondom

Ilustrasi alat kontrasepsi kondom. (Foto: Istockphoto).

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat menyebutkan bahwa alat kontrasepsi jenis kondom menjadi alternatif dalam pencegahan penularan HIV/AIDS.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar dr Ryan Bayusantika Ristandi mengatakan, Kemenkes sudah mengalokasikan kondom ke Jawa Barat sebanyak 425.808 lembar kondom.

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Bandung Jadi Kandidat Paritrana Award Tahun 2021

Dia menyebutkan bahwa pembagian kondom atau alokasi kondom ke kabupaten/kota merupakan salah satu intervensi perubahan perilaku agar pencegahan HIV/AIDS tidak meluas dan memutus mata rantai penularan yang tadinya tidak menggunakan kondom jadi menggunakan kondom.

Baca Juga:  Gerombolan Geng Motor Bikin Resah, Polisi Tangkap Siswa yang Ugal-ugalan di Kota Bandung

“Jadi kondom merupakan alternatif selanjutnya atau terakhir bila skema A dan B tidak dapat dilakukan sebagai pencegahan kecuali pada kasus tertentu tetap harus pakai kondom,” kata Ryan dalam keterangan yang diterima, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga:  Panwaslu Ciamis Yakin Paslon Patuhi Aturan

Tak hanya itu, dia menyampaikan, kiat yang telah dilakukan Dinkes Jabar dalam pencegahan HIV di antaranya melakukan penyuluhan, sosialisasi, informasi.