Jawa Barat Butuh Banyak Pemekaran Kabupaten, Dedi Mulyadi Tegaskan Hal Ini

Politisi asal Partai Golkar Dedi Mulyadi */Instagram @dedimulyadi71/

Dedi Mulyadi mengambil contoh Kabupaten Bandung yang kini sudah dimekarkan jadi dua wilayah, yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. Adanya nama ‘Bandung Barat’ dinilai sebagai kemiskinan filosofi dasar kelokalan dari para pemimpin.

“Kenapa tidak wilayahnya saja jadi nama Kabupaten? Misalnya jadi Kabupaten Lembang atau Kabupaten Padalarang atau lainnya, kan itu mengandung nilai filosofi dasar kelokalan, sehingga jadi dasar yang bagus. Penyebutan ‘barat’ itu contoh kemiskinan pemikiran terharap filosofi dasar lokal,” ujarnya.

Baca Juga:  KLHK Ditantang Dedi Mulyadi Ungkap Perusahaan yang Rusak Alam

“Misalnya sekarang Bogor mau ada Kabupaten Bogor Barat atau Kabupaten Bogor Timur, kenapa namanya begitu? Kenapa tidak jadi Kabupaten Jasinga, atau Kabupaten Jonggol, dan lainnya. Kan bagus, sehingga ada filosofi dasar kelokalan di daerah itu. Punya dasar. Tidak sekedar barat timur atau lainnya. itu cuma jadi ciri miskin filosofi dasar kelokalan saja,” ungkapnya.

Baca Juga:  Video: Tanggapi Polemik Ustaz Basalamah, Dedi Mulyadi Ajak Masyarakat Ikuti Aksi Bela Wayang

Meski begitu, Dedi Mulyadi mendorong berbagai pemekaran wilayah di Jawa Barat terwujud sehingga pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bisa terjadi dan tidak jomplang antar daerah.

Baca Juga:  Polisi Periksa Sekdes dan Bendahara Desa Pangkalan Purwakarta, Soal Apa?

“Lebih banyak ‘raja kecil’ di wilayah (wali kota atau bupati) di Jawa Barat akan semakin bagus lah. Kan koordinasi apapun pasti bisa dilakukan lah. Itu mah bukan kendala. Intinya buat saya otonomi di Jawa Barat harus berjalan, setuju untuk memperbanyak kabupaten,” tandasnya. (Red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News