Jelang Ramadhan, KPPU Temukan Harga Komoditas Tembus 170 Persen dari HET di Bandung

KPPU
Sidak di Pasar Tradisional Cihapit Bandung dan Griya Pahlawan Bandung pada Minggu (11/2/2024). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Fanshurullah Asa menemukan adanya gejolak harga pada komoditas gula konsumsi dan beras serta kenaikan signifikan pada komoditas cabai merah keriting.

Hal tersbut ditemukan dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukannya bersama Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) M. Mufti Mubarok dan Kepala Kantor Wilayah III Lina Rosmiati di Pasar Tradisional Cihapit Bandung dan Griya Pahlawan Bandung pada Minggu (11/2/2024).

Baca Juga:  Pedagang di Kota Sukabumi Diminta Jual Kebutuhan Pokok Sesuai HET

Sebagai informasi, sejak akhir tahun lalu terdapat beberapa komoditas pangan yang terus mengalami kenaikan harga dan berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah.

Baca Juga:  Mampukan Kota Bandung Turunkan Angka Prevalensi Stunting? Ini Targetnya

Menurut data perkembangan harga pangan dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, dalam kurun waktu antara tanggal Desember 2023 hingga Februari 2024, harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Ini Efek Domino MTQ Jabar Bagi Masyarakat Menurut Uu Ruzhanul Ulum

Fanshurullah mengatakan bahwa sidak ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi adanya permainan harga dan penahanan pasokan oleh pelaku usaha tertentu serta stabilitas komoditas di Jawa Barat jelang Bulan Ramadhan.