Kalahkan Korea Selatan Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia Layak Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23

Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia saat merayakan kemenangan setelah memastikan lolos ke semifinal Piala Asia U-23. (Foto: Istimewa).

Tidak lama kemudian, pelatih Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain pertama dengan menarik Rio Fahmi dan menggantikannya dengan Fajar Fathurrahman.

Pada menit ke-68, Lee Young-jun melakukan pelanggaran keras terhadap Hubner. Wasit kemudian melakukan tinjauan VAR, dan dari tinjauan itu memberikan kartu merah kepada Young-jun. Korsel pun terpaksa meneruskan permainan dengan sepuluh pemain.

Baca Juga:  Jelang Lawan Thailand, Shin Tae-yong Apresiasi Kontribusi Spaso dan Sananta

Bermain dengan sepuluh pemain, Korsel justru menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Dari satu serangan balik, bola diterima dengan baik oleh pemain pengganti Jeong Sang-bin, yang kemudian diakhiri dengan sepakan yang menaklukkan kiper Ernando.

Baca Juga:  Duh! Pemain Timnas Indonesia yang Gabung TC di Surabaya Baru 15 Orang

Menjelang waktu normal usai, wasit memberikan tambahan waktu selama sepuluh menit. Korsel beberapa kali menekan, tetapi kehilangan pelatih Hwang Sun-hong yang diusir dari area teknis oleh wasit. Waktu normal pun berakhir dengan skor imbang 2-2.

Baca Juga:  Wah... Shin Tae-yong Ternyata Pernah Bantai Persik Kediri 15-0 Tanpa Balas

Pada 2×15 menit babak tambahan, pelatih Shin Tea-yong memasukkan Jeam Kelly Sroyer dan Arkhan Fikri untuk menggantikan Ivar Jenner dan Fajar Fathurrahman. Indonesia sempat mendapat peluang bagus saat tembakan Witan melayang di atas gawang Korsel.