Kasad Kukuhkan Pangdam I/BB dan Wali Kota Sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Kota Medan

JABARNEWS | BELAWAN – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman, SE, MM, mengukuhkan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, bersama Wali Kota Medan, M Bobby Afif Nasution sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (27/10/2022).

Dalam acara yang dirangkai dengan Pencanangan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu TA 2022 di Lapangan Pelindo I Belawan itu, Kasad juga mengukuhkan Bapak Asuh Anak Stunting Kota Medan kepada Dandim 0201/Medan, Wakil Wali Kota Medan, Ketua DPRD Medan, Danlanud Soewondo, Kapolrestabes Medan, Kapolresta Belawan, Danyonmarhanlan I Belawan, serta Ibu Asuh Anak Stunting Kota Medan kepada Ketua TP PKK Pemko Medan.

Baca Juga:  Lalulintas di Siantar Macet 3 Km, Petugas: Sejak Pagi Sudah Merayap

Kasad berharap, dengan pengukuhan ini, maka penanganan stunting dengan pola asuh akan lebih tepat sasaran, terutama dalam pemantauan perkembangan anak asuh stunting maupun yang berpotensi stunting.

“Dengan adanya Bapak/Ibu Asuh Anak Stunting Kota Medan ini juga, maka pemberian nutrisi dan asupan makanan kepada anak stunting maupun bergejala stunting bisa lebih tepat, sehingga kesehatannya semakin membaik dan segera bebas dari kondisi stunting,” ungkap Kasad.

Kasad berharap kepada Pangdam I/BB untuk meneruskan pola Bapak Asuh Anak Stunting ini ke seluruh satuan di jajarannya. Hal sama juga diharapkan dilakukan instansi lainnya, sehingga penurunan angka kasus anak stunting secara nasional hingga mencapai 14 persen.

Baca Juga:  Veteran Terus Berjuang Untuk NKRI

“Yang dilakukan Pemko Medan dengan menjadikan seluruh Pimpinan OPD sebagai Bapak Asuh Anak Stunting, sangat kita apresiasi. Karena dengan pola ini berhasil menurunkan angka anak stunting dari 550 orang pada 2021 menjadi 364 orang di 2022 ini,” jelas Kasad.

Dalam acara ini, Kasad juga memberikan bantuan sosial secara simbolis kepada 69 anak stunting di Kecamatan Medan Belawan, memberikan penghargaan kepada delapan Koramil jajaran Kodim 0201/Medan dan delapan Kecamatan Terbaik di Pemko Medan dalam Pencanangan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu TA 2022, pemberian alkes IUD Kit dan Implan Kit, serta pemberian penghargaan atas sinergitas dan kerja sama penyelengaraan kegiatan TNI.

Baca Juga:  Perda Perlindungan Koperasi, 'Benteng' Ancaman Rentenir Online

Turut hadir di acara, antara lain Wadan Pusterad, Waaster Kasad, Danpusintelad, Koorspri Kasad, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kepala BKKBN, Dr (HC) dr Hasto Wardoyo, Regional Head I Pelindo, Aprilla Dwison, para Danrem serta PJU Kodam I/BB lainnya.**