Kasus KIPI Berat Selama Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Cianjur, Dinkes: Ada Tiga Kejadian

Ilustrasi, Vaksinasi, (foto: Istimewa)

JABARNEWS | CIANJUR – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat mencatat tiga kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) berat selama pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

“Selama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ada dua orang yang mengalami kelumpuhan sementara setelah menjalani vaksinasi dan satu orang yang meninggal dunia beberapa hari setelah mendapat suntikan vaksin,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Yusman Faisal di Cianjur, Kamis 20 Januari 2022.

Baca Juga:  Herman Suherman Jadikan Tiga Rumah Sakit Ini untuk Tekan AKI dan AKB di Cianjur

Menurut dia, dua orang dewasa asal Kecamatan Bojongpicung dan Kecamatan Mande yang mengalami kelumpuhan selama beberapa bulan setelah mendapat suntikan vaksin sudah pulih setelah mendapat penanganan medis.

Baca Juga:  Begini Cara Polsek Sukanagara Cianjur Tekan Peredaran Miras

“Sedangkan kasus lainnya menimpa anak usia sekolah di Kecamatan Pasirkuda. Setelah menjalani perawatan siswa tersebut meninggal dunia. Kasus tersebut telah dilaporkan ke Komnas KIPI guna mengetahui penyebab pastinya, ” kata Yusman.

Baca Juga:  Siiip!!! Garuda Muda Lolos Ke Final AFF U-22

“Komnas KIPI belum mengeluarkan hasil penilaiannya, sehingga kami juga belum bisa memastikan. Namun sudah dilaporkan sebagai temuan KIPI, termasuk yang terbaru di Kecamatan Pasirkuda,” tambahnya.