Kloter Terakhir Jemaah Haji Ciamis Kembali Ke Tanah Air, Satu Jemaah Wafat

JABARNEWS | CIAMIS – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, Agus Abdul Kholik, mengatakan, dari total 1110 jemaah haji asal Kabupaten Ciamis, dua jemaah tidak kembali lagi ke Tanah Air.

Satu jemaah haji Ciamis meninggal dunia bernama Mimi asal Sukamantri dan 1 orang lagi bernama Joni asal Banjarsari harus dirawat di RS Makkah lantaran kakinya diamputasi karena penyakit diabetes.

Baca Juga:  Iyos Somantri Minta UMKM Nataru 2024, Ini Tujuannya

“Jemaah yang wafat itu dari kloter 49, dan yang belum pulang dan sedang dirawat itu dari kloter 34. .Jemaah yang sakit menjadi tanggungan negara. Dampai sekarang beliau belum memungkinkan untuk dipulangkan ke Tanah Air,” ujar Agus, dikutip harapanrakyat.com, Sabtu (15/9/2018).

Baca Juga:  DPRD Jabar Bentuk Pansus CPDOB, Siap Tangani Pemekaran Delapan Daerah di Jabar, Lihat Disini

Disebutkannya, jumlah jemaah haji yang wafat tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Pelayanan terhadap jemaah haji terus dilakukan secara maksimal. Antisipasi dan deteksi dini terhadap para jemaah haji yang berpotensi mengalami sakit, dilakukan secara intensif,” ujarnya.

Baca Juga:  BPR Raharja Wanayasa Bantah Terima Penyertaan Modal Puluhan Miliar

Sementara itu, jemaah haji asal Kabupaten Ciamis kloter 49 yang merupakan kloter terakhir dari 3 kloter dari wilayah itu, tiba di Gedung Islamic Center Ciamis, Rabu (12/09/2018).

“Keseluruhan jemaah haji asal Ciamis tercatat sebanyak 1110 jemaah,” tambah Agus. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat