Kolaborasi Dengan Apdesi Purwakarta, Fokus JP gelar Pelatihan Jurnalistik ke Kades

Koordinator Fokus JP Awenk Wahyudin saat menyerah baju ke Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. (Foto: Dok Fokus JP)

Dengan agenda pelatihan yang dibalut dengan silaturahmi ini diharapkan dapat terjalin kerjasama dan sinergitas antara awak media dengan para kepala desa di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Ditempat yang sama, Koordinator Fokus JP Awenk Wahyudin dalam keterangannya mengatakan, kegiatan pelatihan ini tujuannya untuk mengembangkan budaya literasi.

Aweng menegaskan bahwa pelatihan ini bukan berarti mengajak para kepala desa untuk jadi wartawan atau jurnalis, tapi lebih kepada mengajak para kepada desa untuk memahami bagaimana sebuah berita itu dibuat dari awal hingga menjadi sebuah prodak jurnalistik yang sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

Menurutnya, kepiawaian menulis baik itu berupa laporan atau deskripsi kegiatan pada dasarnya diperlukan oleh para pengambil kebijakan termasuk di desa-desa.

“Untuk itu, kita hadirkan sejumlah pemateri yang berkompeten untuk mengulas soal cara kerja kewartawanan dan hal-hal lainnya berkaitan dengan dunia jurnalistik untuk kepentingan publikasi program desa. Di sisi lain kami dari Fokus JP juga terus berupaya membantu membangun desa melalui berita,” Tutur Kang Awenk, sapaan karibnya.