KPU Bandung Barat Coret 139 Nama Bacaleg DPRD, Ini Alasannya

KPU Bandung Barat
KPU Bandung Barat telah mengumumkan DCS untuk Pemilu 2024. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG BARAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memutuskan untuk menghapus ratusan nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD di wilayahnya.

Ratusan bacaleg ini dinyatakan tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil rapat pleno yang menetapkan daftar calon sementara (DCS).

Baca Juga:  Saling 'Kasih Sayang' Jelang Pemilu

Mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena tidak dapat memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan, seperti persyaratan kesehatan dan lainnya.

Ketua KPU Bandung Barat, Adie Saputro mengungkapkan sebelumnya terdapat 820 bacaleg dari 18 partai politik yang mendaftar. Namun, setelah hasil verifikasi perbaikan, hanya 681 bacaleg yang memenuhi syarat.

Baca Juga:  Ini Persiapan KPU Jabar Hadapi Pemilu 2024, Tahapan Kampanye Paling Krusial!

“Artinya ada 139 orang yang tidak memenuhi syarat, jadi hasil akhir jumlah total DCS di KBB ditetapkan 681 orang dari 18 parpol,” ungkap Adie kepada awak media, Senin (21/8/2023).

Baca Juga:  KPU Sebut Mantan Koruptor Boleh Calonkan Diri Jadi Kepala Daerah dan Caleg

Dari total 681 bacaleg yang memenuhi syarat, Adie menyebutkan bahwa 450 di antaranya adalah laki-laki, sementara 231 lainnya adalah perempuan, sehingga angka keterwakilan perempuan mencapai 34 persen.