KPU Bandung Barat Coret 139 Nama Bacaleg DPRD, Ini Alasannya

KPU Bandung Barat
KPU Bandung Barat telah mengumumkan DCS untuk Pemilu 2024. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG BARAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memutuskan untuk menghapus ratusan nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD di wilayahnya.

Ratusan bacaleg ini dinyatakan tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil rapat pleno yang menetapkan daftar calon sementara (DCS).

Baca Juga:  Dua Pelaku Pembacokan Remaja di Bekasi Berhasil Diringkus, Polisi Ungkap Fakta Ini

Mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena tidak dapat memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan, seperti persyaratan kesehatan dan lainnya.

Ketua KPU Bandung Barat, Adie Saputro mengungkapkan sebelumnya terdapat 820 bacaleg dari 18 partai politik yang mendaftar. Namun, setelah hasil verifikasi perbaikan, hanya 681 bacaleg yang memenuhi syarat.

Baca Juga:  PKS Jabar Optimis Pasangan Amin Bisa Menangkan Pilpres 2024

“Artinya ada 139 orang yang tidak memenuhi syarat, jadi hasil akhir jumlah total DCS di KBB ditetapkan 681 orang dari 18 parpol,” ungkap Adie kepada awak media, Senin (21/8/2023).

Baca Juga:  Warga Dilarang Bawa Ponsel ke Bilik Suara saat Pencoblosan, Begini Penjelasan Bawaslu Jabar

Dari total 681 bacaleg yang memenuhi syarat, Adie menyebutkan bahwa 450 di antaranya adalah laki-laki, sementara 231 lainnya adalah perempuan, sehingga angka keterwakilan perempuan mencapai 34 persen.