Lapas Purwakarta Maksimalkan Bimbingan Kerja Bagi Warga Binaan, Ini Tujuannya

Proses bimbingan kerja warga binaan di Lapas Kelas IIB Purwakarta. (Foto: Dok Lapas Purwakarta)

“Tujuan utama dari pelatihan kemandirian ini, biar saat keluar dari sini mereka sudah punya ketrampilan. Tidak kembali lagi melakukan kejahatan dan tidak melakukan tindakan kriminal yang dapat berujung dengan tinggal di balik jeruji besi” tutur Yosep, pada Jumat, 5 Mei 2023.

Menurutnya, tak perlu waktu yang lama melatih mereka karena sebagian besar telah memiliki keterampilan yang cukup bagus.

Baca Juga:  Peringatan Isra Mi'raj di Lapas Purwakarta, Para Narapidana Diharapkan Bisa Hijrah

“Disinilah fungsi dari bimbingan kerja Lapas, kita bisa melihat kemampuan dari warga binaan dari berbagai macam bidang. Bimbingan kerja memang dikhususkan untuk warga binaan dengan track record baik. Berbagai keterampilan itu diberikan petugas Lapas secara otodidak maupun menghadirkan para pelatih yang tersertifikasi,” Ujar Yosep.

Baca Juga:  Bersama Kodim 0619, Lapas Purwakarta Geledah Kamar Warga Binaan

Kalapas menambahkan, program bimbingan kerja ini merupakan pembinaan dari pihak Lapas Purwakarta dalam mendidik serta membina para pelanggar hukum agar menjadi manusia yang berguna dan mempunyai skill serta keterampilan.

“Dengan adanya program bimbingan kerja ini, dapat memberikan bukti konkret bahwa Lapas adalah tempat pembinaan. Setelah bebas nanti mereka bisa mengembangkan dan memiliki penghasilan sendiri. Bahkan tak menutup kemungkinan mereka pun akan mampu membuka lapangan kerja bagi warga lainnya di sekitar tempat tinggalnya nanti,” harap Yosep Antonius. (Gin)

Baca Juga:  Pancasila Dinilai Mampu Tangkal Radikalisme dan Separatisme