Libur Panjang, Wisatawan Pantai Santolo Paling Banyak Dikunjungi

JABARNEWS | GARUT – Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut, Evi Anshori mengungkap Wisata Pantai Santolo menjadi tempat paling faovorit dan banyak dikunjungi selama libur panjang periode libur Natal dan Tahun Baru 2020.

“Pantai di Garut menjadi tempat favorit bagi wisatawan dari dalam dan luar kota untuk mengisi libur Natal, Tahun Baru maupun libur sekolah,” ujar Evi Anshori, Kamis (08/01/2020).

Berdasarkan data yang tercatat di Disbudpar Garut, kata Evi, jumlah kunjungan ke Pantai Santolo mencapai 34.901 orang atau paling banyak dibandingkan objek wisata unggulan lainnya di Garut.

Baca Juga:  Terdampak Kereta Cepat, Warga Purwakarta Duduki Trowongan Proyek KCIC

Peringkat kedua kunjungan terbanyak ke tempat wisata kawasan Gunung Papandayan sebanyak 33.515 pengunjung, lalu terbanyak ketiga Pantai Sayang Heulang di Kecamatan Pameungpeuk dengan jumlah pengunjung sebanyak 20.716 orang.

Selanjutnya destinasi wisata di kawasan Garut yakni Cipanas Garut sebanyak 18.417 orang, Taman Satwa Cikembulan sebanyak 14.855 orang, wisata Darajat sebanyak 14.507 orang, Situ Cangkuang di Kecamatan Leles sebanyak 12.054 orang.

Baca Juga:  Kritisi Infrastruktur, GMNI Cianjur Corat-coret Jalan Rusak

Wisata lainnya tercatat untuk Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi sebanyak 11.923 orang, Pantai Rancabuaya sebanyak 4.734 orang, dan di bawah angka empat ribuan tersebar di beberapa objek wisata seperti Kebun Mawar, Kamojang, dan Ecopark.

“Dari jumlah tempat tersebut yang dikelola Disparbud hanya lima yaitu Situ Cangkuang, Situ Bagendit, Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, dan Pantai Rancabuaya,” kata Evi.

Seorang warga Garut, Nani mengatakan, objek wisata yang ada di Garut sudah cukup beragam dan menarik untuk dikunjungi seperti wisata alam Papandayan, Cipanas Garut dan wisata pantai.

Baca Juga:  Di Warkop Ini 'No Wifi', Biar Bisa Nikmati Kopi

Ia mengaku selama libur akhir tahun telah mengunjungi sejumlah tempat wisata di Garut seperti Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, wisata Gunung Papandayan, dan Taman Satwa Cikembulan.

“Tempat wisata di Garut saat ini nyaman, akses jalannya juga sudah bagus, seperti ke pantai maupun ke Papandayan,” kata Nani. (Ara)