Makin Hari, Banyak Orang Gila Keliaran di Serdang Bedagai, Siapa Tanggungjawab?

Ilustrasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). (Foto: koran-jakarta.com).

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Orang terganggu jiwanya atau orang dalam gangguan jiwa dengan sebutan umumnya orang gila, makin hari, makin banyak terlihat berkeliaran di sepanjang Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) di Kabupaten Serdang Bedagai.

Pantauan di lapangan, makin hari, makin banyak ODGJ di Kabupaten Serang Bedagai. Mereka dengan pakaian compang camping dan aroma bau terlihat berjalan di Jalinsum.

Bahkan seorang ODGJ terlihat sudah tidak dapat berjalan dengan baik. Dia hanya menggunakan pantat dan kedua tangannya untuk dapat berjalan. Sekali-kali dia mendatangi tumpukan sampah yang ada di jalan untum mencari sesuatu yang dapat di makan atau diminum.

Tidak ada perhatian dari pemerintah setempat melalui Dinas Sosial maupun masyarakat terhadap ODGJ tersebut. Bahkan masyarakat terlihat menghindar, bahkan mengusir ODGJ tersebut apabila mendekat.

Asumsi masyarakat menghindar bila bertemu ODGJ, karena kondisi mereka yang terganggu jiwanya sehingga dapat membahayakan dan juga kondisi fisik yang kumal dan mengeluarkan aroma bau menyengat.