Resmi! Pemkot Bandung Rilis Logo HJKB 214: Makna Motivasi Semangat Bandung Lautan Api

Resmi! Pemkot Bandung Rilis Logo HJKB 214: Makna Motivasi Semangat Bandung Lautan Api
Widya N Firdansyah pemenang sayeumbara logo HJKB ke0214 saat menerima penghargaan dari Pj Walkot Bandung Bambang Tirtoyuliono

 

JABARNEWS | BANDUNG  – Pemkot Bandung merilis logo Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB) di The House Convention Hall Paskal 23 pada Selasa, 21 Mei 2024.

Desain dan makna logo itu menggambarkan kekuatan, motivasi dan tekad semangat Bandung Lautan Api.

Logo ini merupakan hasil sayembara di Disbudpar Kota Bandung dari tanggal 8 hingga 21 Mei 2024.

Terpilih sebagai pemanang adalah desainer Widya N. Firdansyah. Dia menciptakan logo HJKB ke-214 bertema “Semangat Kolaborasi Wujudkan Kota Bandung Maju Berkelanjutan.” Logo ini menginspirasi warga untuk bekerja sama dengan menggambarkan tekad, motivasi, dan kekuatan.

Desain dan Makna Logo

Logo ini menggambarkan kekuatan, motivasi, dan tekad yang mendorong warga untuk bekerja sama. Angka-angka abstrak “2”, “1,” dan “4” melambangkan HJKB ke-214, dan nyala api melambangkan semangat Bandung Lautan Api yang ada dalam setiap warga Kota Bandung.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Dapat Bantuan Puluhan Ribu Masker untuk Sekolah

Pohon dengan batang dan akar yang tertanam di tanah juga sebagai visual utama logo. Daun, ranting, dan pucuk pohon melambangkan kerja sama dalam kemajuan dan kemandirian Kota Bandung.

Logo ini menggunakan tiga warna utama—kuning, hijau, dan biru—dan satu warna komplemen biru muda, yang diambil dari identitas Kota Bandung. Keempat warna ini mewakili visi kota yang Kreatif (biru muda), Agamis (biru tua), Maju (kuning), dan Berkelanjutan (hijau).

Baca Juga:  Dua Pemuda di Tasimalaya Tewas Setelah Minum Miras Oplosan Beralkohol 96 Persen

Bandung Maju Berkelanjutan

Semangat HJKB ke-214, kata Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mewakili “Semangat Kolaborasi Wujudkan Kota Bandung Maju Berkelanjutan”.

Dia juga mengumumkan Tagline HJKB ke-214 yakni “Bandung Maju Berkembang”.

“Logo HJKB ini sangat luar biasa, mencerminkan kerja sama yang berkelanjutan, dan bola api menunjukkan tekad yang kuat untuk percepatan pembangunan Kota Bandung. Logo ini tercipta sebagai hasil dari ide publik untuk mewakili warga Kota Bandung,” ungkapnya.

Ia berharap rangkaian HJKB tahun ini bisa menjadi pesta rakyat luas sampai ke tingkat RT dan RW.

“Kami juga berharap bahwa rangkaian HJKB ini menarik wisatawan. Kami kemas semenarik mungkin agar menjadi daya tarik bagi wisatawan luar untuk datang ke Kota Bandung,” ujarnya.

Baca Juga:  Hari Musik Nasional: Pemkot Bandung Musisi untuk Bangkit Lagi

Widya N Firdansyah

Logo HJKB 214 adalah karya desainer grafis asal Kopo, Kota Bandung, Widya N. Firdansyah pemenang sayembara logo HJKB 214 adalah warga Kopo. Dia merupakan spesialis logo dan lulusan jurusan Matematika ITB, kini bekerja di PT. LEN Industri (Persero) sebagai analis.

Widya juga pernah telah memenangkan berbagai perlombaan desain, antara lain.

  1. Juara perlombaan logo ‘50 years Gunung Madu Plantations (2024)
  2. Juara pertama pada Unofficial logo 537 tahun Kabupaten Gresik (2024)
  3. op 3 Logo 1274 tahun Kabupaten Salatiga (2024). (red)