Masyarakat Cianjur Selatan Dambakan Terminal Kepada Pemerintah

JABARNEWS | CIANJUR – Pengguna moda transportasi umum di Cianjur sangat banyak, sehingga bisa menjadi pilihan bagi warga untuk mengantar penumpang. Tingginya pengguna menjadikan warga Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan (Cisel), Kabupaten Cianjur, Jawa barat mendambakan terminal Angkutan Umum (Angkum).

Camat Cidaun, Herlan Iskandar membenarkan, selama ini masih belum ada terminal angkum di sini. Berharap, ada tanggapan positif mengenai warga butuh sarana dan fasilitas terminal, yang sangat ditunggu dan dinanti. Keluhan tersebut ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat.

Baca Juga:  DKPP Pastikan Kasus Flu Babi Afrika Tidak Ditemukan di Jabar

“Kami pihak pemerintah kecamatan sudah berupaya berulangkali, untuk mengajukan pengajuan kepada Pemkab Cianjur, namun masih belum ada realisasi juga,” ujarnya. Minggu (29/12/2019).

Sebelumnya, tahun 2018 pemerintah Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan telah mengajukan terminal yang lokasi tanahnya dekat Pasar Cidaun. Hasil pertemuan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk jatah pembangunan terminal di Cidaun akan segera terlealisasi pada tahun 2021.

Masih menurut Camat Cidaun, mudah-mudahan saja hasil pertemuan kemarin, dengan Dishub Cianjur terealisasi akan pembangunan terminal di tahun 2021 tidak akan meleset lagi. Mungkin hanya menunggu saja janji dari Dishub Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:  KPU Subang Bagikan APK Ke Paslon

“Kami juga terus berupaya mendorong ke dinas, lokasi tanahnya sudah ada, hanya tinggal pembangunan saja jadi begitu kang,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, H Ginanjar (49) seorang warga Kecamatan Cidaun menuturkan, selama ini mobil angkutan umum (angkum) menantikan penumpang di pinggir jalan raya. Bisa dikatakan masih terminal bayangan.

Menurutnya, kalau saja dibangun terminal tidak akan parkir menantikan penumpang di pinggir jalan raya, sehingga akan aman dan tidak akan menimbulkan kemacetan.

Baca Juga:  Usai Deklarasi Damai, Pelajar di Sukabumi Saling Bacok hingga Live di IG

“Nah, padahal dengan adanya terminal di Cidaun. Itu bisa menambah perekonomian warga masyarakat,” ujarnya.

Hal lain disampaikan, Hery (47) warga lainnya mengatakan respon masyarakat bagus dan sangat antusias, penumpang membludak pada saat hari libur.

“Yah tentunya kalau penumpang kadang ramai kadang sepi, untuk hari libur biasanya ramai kalau untuk hari biasa penumpang agak sepi. Tentunya kami berharap pemerintah segera membangun terminal minimal tipe A supaya para penumpang juga bisa nyaman dan tentunya akan lebih membantu kesejahteraan warga sekitar,” katanya. (Mul)