Masyarakat dan Pengguna Jalan Diminta Waspada saat Lintasi Wilayah Selatan Cianjur

Jalur alternatif Cianjur-Jonggol terputus akibat longsor
Ilustrasi bencana longsor. (foto: istimewa)

JABARNEWS | CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur meminta masyarakat khusunya pengguna jalan agar waspada saat melintas di jalur rawan longsor dan banjir seperti jalur utama dan wilayah selatan Cianjur saat hujan deras.

Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengatakan bahwa informasi dari BMKG sebagian besar wilayah Cianjur masih diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari ke depan, sehingga berisiko terjadi bencana alam.

Baca Juga:  Gara-gara Puntung Rokok, Gudang Kantong Plastik di Cianjur Diamuk Si Jago Merah

“Selama tiga hari terakhir hujan turun deras di sebagian besar wilayah Cianjur, sehingga berisiko terjadinya bencana alam terutama di jalur utama Cianjur seperti kawasan Cugenang, Kecamatan Cipanas dan jalur Puncak,” kata Rudi di Cianjur, Jumat (30/6/2023).

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Korban Gempa di Cugenang Cianjur Masih Tinggal di Rumah Terpal

Seiring tingginya volume kendaraan yang melintas termasuk di jalur utama Cianjur selatan saat libur panjang Idul Adha, pihaknya menempatkan seratusan Relawan Tangguh Bencana (Retana) untuk melakukan pengawasan dan segera melakukan evakuasi ketika melihat tanda alam akan terjadi bencana.

Baca Juga:  Bey Machmudin Sebut Serapan APBD Jabar 97 Persen, Proyek akan Digenjot di Tahun 2024

Bahkan, relawan diminta untuk berkoordinasi dengan aparat dan anggota TNI/Polri ketika melihat tanda alam akan terjadi bencana alam seperti longsor yang dapat memutus jalur utama penghubung antarkecamatan, sebagai upaya antisipasi jatuhnya korban jiwa dan materi.