Mengenal Manfaat Jamur Kancing Yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Jamur kancing atau Agaricus bisporus merupakan jamur yang biasa diolah di Indonesia. Jamur ini berbentuk bulat menyerupai kancing dan memiliki warna putih, krem, hingga coklat muda.

Jamur ini kerap digunakan sebagai pelengkap dalam pizza, omelette, dan kaserol karena rasanya yang menyerupai daging dan agak manis. Selain itu, macam-macam jamur kancing ini kaya akan vitamin dan potassium, pun juga rendah kalori sehingga cocok bagi orang yang sedang diet kalori.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat jamur kancing bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Kata Darma Wijaya, Jika Jalan Mulus Roda Perekonomian Masyarakat Serdang Bedagai akan Maju

Pertama. Sehatkan Jantung – Manfaat jamur kancing yang pertama dapat sehatkan jantung. Kita semua tahu bahwa penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Mengonsumsi jamur kancing dapat membantu tubuh mencegah penyakit ini.

Faktor risiko utama untuk penyakit jantung adalah atherogenesis, yang merupakan pembentukan plak di dinding arteri, yang menyebabkan aterosklerosis dan pengerasan pembuluh darah.

Kedua. Kaya Antioksidan – Manfaat jamur kancing berikutnya adalah kaya antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahan kimia dengan fungsi antioksidan melawan oksidasi, suatu proses kimia yang meningkatkan risiko mutasi genetik, dan juga merusak lipid dan protein yang membentuk membran sel.

Baca Juga:  Seorang Warga Tewas Tertimpa Turap Proyek di Bekasi Saat Hujan Deras

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” pada 2010, jamur kancing mengandung ergosterol, salah satu jenis antioksidan yang bermanfaat. Jamur kancing juga berperan dalam memerangi penyakit kronis.

Ketiga. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh – Sel-sel khusus dalam tubuh, yang disebut sebagai sel-sel pembunuh alami, merespons dengan cepat terhadap penjajah asing seperti virus atau sel kanker.

Baca Juga:  Helmi Budiman Sebut Percepatan Pembangunan di Jabar Selatan Bisa Entaskan Kemiskinan

Terbitan Juni 2007 “Journal of Nutrition” melaporkan bahwa makan jamur kancing dapat meningkatkan sistem kekebalan dengan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Meskipun mereka tidak sepenuhnya mengerti bagaimana caranya, para ilmuwan percaya bahwa ini berkat kandungan polisakarida dari jamur yang bertanggung jawab atas kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh. (Red)