Misteri Kemunculan Harimau Jawa di Hutan Surade Sukabumi

Harimau Jawa. (foto: istimewa)

JABARNEWS | SUKABUMI – Harimau Jawa disebut-sebut kembali muncul di wilayah Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Hal ini tentu saja ada yang percaya, ada juga yang tidak.

Mereka yang percaya, menyebut menemukan tanda-tanda kemunculan Harimau Jawa di wilayah Sukabumi. Sementara bagi mereka yang tidak percaya, menyebut bahwa hewan buas dengan nama latin panthera tigris sondaica ini sudah dinyatakan punah sejak puluhan tahun lalu.

Baca Juga:  Firasat Orangtua Sebelum Praka Dwi Gugur Ditembak KKB, Sempat Titip Sedekah untuk Anak Yatim

Bahkan berdasarkan catatan The International Union for Conservation of Nature (IUCN), Harimau Jawa sudah punah pada dekade 1970-an.

Dilihat di situs resmi IUCN, disebutkan jika spesies terakhir Harimau Jawa terlihat di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur pada 1976. Penyebab kepunahan Harimau Jawa ini didasari oleh maraknya perburuan dan hilangnya habitat asli karena pembukaan lahan.

Baca Juga:  Lagi Asyik Nongkrong, Empat Pelajar Cireunghas Sukabumi Diserang, Satu Orang Kena Sabet Sajam

Dilansir dari detik.com, Harimau Jawa pernah hidup di sejumlah hutan di Pulau Jawa, mulai ujung Banyuwangi di Jawa Timur sampai Ujung Kulon di Banten.

Baca Juga:  Nahas, Bocah di Sukabumi Terbakar Saat Main Meriam Pipa Lodong

Pemerintah Indonesia saat ini hanya memiliki sisa bagian tubuh (spesimen) dari hewan karnivora itu. Pusat Penelitian Biologi LIPI, yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyimpan dua spesimen kulit Harimau Jawa dan juga Harimau Bali.