Mitigasi Bencana Banjir, JRN Bersihkan Sampah di Sungai Cicukang Bandung

Jurig Runtah Nusantara (JRN) saat membersihkan tumpukan sampah di Oxbow Cicukang, Desa Marga Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung pada Sabtu (9/12/2023). (Foto: Rian/JabarNews).

“Terutama yang menjadi repot itu bagian yang hilir, sementara yang di hulu yang membuang sampahnya. Makanya kalau sampah ingin bersih itu dari hilir dibersihkan dari hulunya yang harus dibersihkan dulu,” jelasnya.

Wisnu menyebut, pelaksanaan River Clean Up Event dilakukan 9-11 Desember 2023, pada hari pertama clear up dari sungai, hari kedua pemilahan sampahnya, dan hari ketiga pemilahan sampah sampai tuntas.

Baca Juga:  Korban Banjir di Serdang Bedagai Mulai Jenuh Tinggal di Posko Pengungsian

Wisnu memprediksi ada kurang lebih ada 4-5 ton sampah yang diangkut dari Oxbow Cicukang. Dia berharap dengan gerakan ini bisa terjalin kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan komunitas dalam mengelola dan membersihkan sampah.

Baca Juga:  Walah! Dalam Sehari Ada 14 Titik Bencana Banjir dan Longsor di Ciamis

“Dengan aksi nyata ini mudah-mudahan kita bisa memberikan contoh untuk warga-warga lain, karena bagaimana pun kita membersihkan ini dengan jerih payah, meluangkan waktu di keluarga, mudah-mudahan warga banyak berpikir. Mudah-mudahan warga teredukasi dia bisa memilah sampah dari rumahnya sendiri,” bebernya.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrem, Hujan Es Bakal Terjang Wilayah Bogor

“Mari kita sama-sama bentuk kolaborasi terikat dakam batin dengan hati yang tulus kita bersihkan bersama dan mengelola samph dari rumahnya,” tambahnya.