Mulai Masuk Puncak Mudik, Jangan Lupakan 3 Hal Ini Agar Aman Saat Mudik

Kondisi kemacetan panjang terjadi di Ruas jalan tol Cipularang, dari arah Bandung menuju Jakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

Pengecekan kendaraan ini bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan tenaga profesional.

Ada beberapa hal yang harus dicek dan dipersiapkan secara teliti, mulai dari lampu mobil, kondisi ban dan tekanan ban, termasuk juga untuk ban cadangan, minyak rem, level air aki yang mencukupi, sampai ke air radiator dan selang radiator.

Sony Susmana, Director Training, Safety Defensive Consultant (SDCI), mengatakan Ketika mudik, kendaraan harus dipersiapkan secara matang.

“Kita harus memastikan seluruh komponen dan suku cadang mobil dalam kondisi yang baik untuk meminimalisir terjadinya kerusakan di tengah perjalanan mudik. Pastikan kalau masa pakai komponen ini sudah habis, sebaiknya diganti, karena kita membutuhkan kendaraan dalam keadaan prima. Saya menyarankan untuk menyerahkan kepada bengkel atau mekanik untuk melakukan pengecekan kembali kondisi kendaraan dan melakukan perbaikan jika diperlukan.”

Jangan lupa juga untuk membawa beberapa barang berikut sebagai cadangan untuk membantu kamu ketika dalam keadaan darurat, seperti air coolant, air aki, dan wiper fluid.

2. Cek kondisi kesehatan tubuh Anda dan keluarga
Sebelum melakukan perjalan jauh untuk mudik ke kampung halaman, pastikan kalau Anda dan keluarga dalam kondisi sehat. Lakukan banyak istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan mengkonsumsi vitamin serta suplemen yang cukup agar kondisi badan tetap sehat dan stamina terjaga saat berkendara di waktu mudik.