Mulai Masuk Puncak Mudik, Jangan Lupakan 3 Hal Ini Agar Aman Saat Mudik

Kondisi kemacetan panjang terjadi di Ruas jalan tol Cipularang, dari arah Bandung menuju Jakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

“Selama perjalanan mudik, kita akan menempuh waktu yang cukup panjang, sehingga pastinya akan menguras tenaga kita. Jadi, pastikan jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi. Agar kondisi badan tetap optimal, disarankan untuk beristirahat selama 15 menit setiap 3 jam untuk me-refresh kondisi fisik dan psikis,” tambah Sony.

Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan sederhana untuk bekal selama perjalanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan keluarga, seperti obat anti mual, sakit kepala, dan diare. Siapkan juga aneka vitamin pendukung untuk menunjang performa tubuh selama melakukan perjalanan mudik.

Tambahan tip supaya perjalanan tetap nyaman adalah dengan mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, kacamata hitam supaya mata tetap nyaman, dan pastikan untuk mengoleskan tabir surya pada lengan dan kaki agar tidak terbakar sinar matahari meskipun berada dalam mobil.

3. Cek makanan dan minuman bekal yang sesuai kebutuhan
Persiapan bekal makanan yang tepat sangatlah penting untuk menunjang kemudahan dan kelancaran perjalanan, apalagi jika Anda melakukan perjalanan jauh. Walaupun Anda mudik dalam keadaan berpuasa, bekal makanan ini wajib ada untuk berjaga-jaga ketika harus berbuka puasa di jalan.