Panwascam di Kota Bandung Bisa Tangani Sengketa Antar Peserta Pemilu, Ini Penjelasannya

Bawaslu Kota Bandung
Kegiatan Sosialisasi Peraturan Bawaslu dan Produk Hukum Non Peraturan Bawaslu di salah satu hoteh di Kota Bandung, Senin (20/3/2023). (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kota Bandung kini bisa menangani atau menyelesaikan sengketa antar peserta pemilu.

Hal tersebut berdasarkan pada Perbawaslu No. 9 Tahun 2022 tentang tentang tata cara penyelesaian sengketa proses Pemilu.

Baca Juga:  Apartemen Transit Pemprov Jabar Disebut Jadi Solusi Tempat Tinggal Masyarakat Bawah

Koordinator Divisi Hukum, Humas Datin Bawaslu Kota Bandung Wawan Kurniawan mengatakan bahwa Panwascan se-Kota Bandung bisa menyelesaikan sengketa antar peserta pemilu sebagai bagian dari unsur yang ada Perbawaslu No. 9 Tahun 2022.

“Kalau tahun 2018, 2019 itu secara regulatif Panwascam tidak memiliki kewenangan. Hari ini Panwascam memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa untuk peserta pemilu di 2024 yang diatur di Perbawaslu No. 9 tahun 2022,” kata Wawan kepada wartawan dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan Bawaslu dan Produk Hukum Non Peraturan Bawaslu di salah satu hoteh di Kota Bandung, Senin (20/3/2023).

Baca Juga:  Soal Kopi Mengandung Parasetamol dan Sildenafil, Dinkes Kota Bandung Minta Masyarakat Teliti

Dia menjelaskan, proses atau mekanisme Panwascam bisa menyelesaikan sengketa antar peserta pemilu ketika dan atau setelah mendapatkan mandat dari hasil pleno Bawaslu Kota Bandung.

Baca Juga:  KPU Purwakarta Terima Kunjungan Ombudsman RI, Kaji Kesiapan Distribusi Logistik Pemilu 2024