Peduli Pendidikan, HMI Cabang Cianjur Go To School

JABARNEWS | CIANJUR – HMI Cabang Cianjur menggelar Program HMI Cabang Cianjur Go To School  di SMKN 1 Tanggeung, Kabupaten Cianjur, Sabtu (15/9/2018). Dalam praktiknya, HMI cabang Cianjur mengadakan pengabdian dalam dunia pendidikan yang dimaksudkan untuk memperbaiki pendidikan khususnya di daerah Kabupaten Cianjur.

Sekretaris Umum HMI Cabang Cianjur, Dodi Darmawan mengatakan, tingkat pendidikan di Kabupaten Cianjur dinilai berada dalam kategori darurat karena tingkat partisipasinya yang rendah.

Menurutnya, pendidikan yang berada di daerah Kabupaten Cianjur bisa dinilai rendah, sehingga menimbulkan dampak kepada permasalahan tingkat kualitas SDM nantinya.

Baca Juga:  Berikut Ini Sejumlah wilayah Yang Berpotensi Hujan Lebat di Jawa Barat

Ia menyebut, tingkat partisipasi pendidikan di Kabupaten Cianjur sangat rendah dibandingkan daerah lain di Jawa Barat. Apalagi, tingkat kerendahan pendidikannya itu di usia produktif untuk belajar.

’’Menurut, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat mencatat Angka Partisipasi Sekolah (APS) Kabupaten Cianjur menurut kelompok umur 19-24 tahun pada 2015 hanya 5,85 persen menjadikan Angka Partisipasi Sekolah (APS) Kabupaten Cianjur terendah se-Jawa Barat,’’ jelasnya.

Baca Juga:  Gus Halim: Desa Wisata Jadi Ikon Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Berpatok pada statement Pengurus Besar (PB) HMI, HMI Cabang Cianjur ingin menjadikan pendidikan sebagai modal awal yang akan mengangkat taraf kualitas SDM. Sehingga dalam melakukan pengabdiannya ia menginginkan para generasi bisa tumbuh dengan pendidikan yang memadai.

’’Selayak dengan pendapat Ketum PB HMI. Respiratori Saddam Al Jihad berpesan HMI hari ini harus bisa menyiapkan generasi untuk menjemput young goverment dan Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Baca Juga:  Berenang Saat Arus Deras, Seorang Remaja Tewas Tenggelam di Irigasi Pataruman Kota Banjar

Selain itu, dalam rangka pengkaderan HMI dan Ummat, HMI akan membuat organisai khusus siswa yang dapat menaungi berbagai pemikiran dan apresiasi serta dapat meningkatkan kualitas keilmuannya. Organisasi tersebut khusus untuk para siswa yang beragama Islam, nama organisasinya adalah Himpunan Siswa Islam (HSI).

’’Dan salah satunya HMI akan membuat Himpunan Siswa Islam (HSI). Sebagai Jawaban HMI Peduli akan masalah pendidikan,” tutupnya. (Rnu)

Jabarnews | Berita Jawa Barat