Pembangunan Kantor Disnakertrans Mangkrak, PT LPM Terancam di Blacklist

JABARNEWS | BANDUNG – Pembangunan kantor baru Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat sampai saat ini belum beres. Mangkraknya pembangunan tersebut diduga tender PT Luxindo Putra Mandiri (LPM) memiliki masalah.

Dari data yang diterima, PT LPM juga pemegang tender pembangunan Taman Gedung Sate, Taman Saparua, dan lain-lain.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Jabar, Ika Mardiah mengatakan, proses tender berawal dari adanya surat pengajuan dari perangkat daerah kepada Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), kemudian perangkat daerah harus sudah mengumumkan pada perencanaan di web sirup.lkpp.go.id.

Baca Juga:  Tiket Kampanye Akbar AMIN di JIS Ludes Diserbu Jutaan Orang

“Kemudian Pelaksana Program Kerja (PPK) mengcreate paketnya di web Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Setelah itu, kami memberikan surat perintah membentuk (kelompok kerja) Pokja,” kata Ika saat ditemui wartawan di Kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha RI, Jalan PH Mustofa No 22, Kota Bandung, Senin (20/1/2020).

Baca Juga:  Kasus DBD di Kabupaten Bogor Melonjak, 6 Orang Meninggal Dunia

Menurutnya, apabila penyedia jasa proyek layak, bisa langsung dilaksanakan pembangunan. Namun, melihat PT LPM yang kurang disiplin dalam pembangunan kantor Disnakertrans Jabar, memang itu layak untuk dihentikan (blacklist).

Baca Juga:  Wisatawan Serbu Puncak Bogor, Polisi Berlakukan One Way Pecah Kepadatan Arus Lalin

“Jika Kadis Disnakertrans Jabar mengusulkan blacklist, maka ya sudah blacklist saja. Maka itu akan masuk masa penangguhan perusahaan selama dua tahun,” tegasnya

Ika menambahkan, setelah masa penangguhan selama dua tahun, perusahan tersebut bisa kembali mengajukan tender kepada Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). (RNU)