Pemerintah Siapkan 200 Unit Rumah untuk Relokasi Korban Gempa Cianjur, Di Sini Lokasinya

Korban gempa Cianjur yang masih tertahan di pengungsian
Korban gempa Cianjur yang masih tertahan di pengungsian. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ CIANJUR – Sedikitnya 200 unit rumah akan dibangun pemerintah untuk para korban gempa di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Dengan luas lahan yang telah disiapkan, ratusan rumah tersebut akan dibangun di Desa Sinargalih, Cianjur.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, rencana relokasi korban gempa Cianjur sudah dipersiapkan dengan matang. “Lahan yang nanti akan dimulai tahap pertama adalah ditempatkan lahan 2,5 hektare, kira-kira bisa menampung 200 hunian baru,” ujar Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (1/11).

Baca Juga:  Begini Kronologi Penangkapan Pelaku Pencurian dan Kekerasan di Cianjur, Polisi Ditembak Airsoft Gun

Tak hanya itu, kata Muhadjir, Pemkab Cianjur juga akan dilibatkan dalam pembangunan rumah bagi para korban banjir. Namun pembangunan rumah oleh Pemkab Cianjur akan dilakukan di lokasi berbeda.

Baca Juga:  Polda Jabar Tetapkan DPO Sopir Mobil Sedan Audi yang Tabrak Mahasiswi di Cianjur

Badan Pertanahan Negara (BPN) pun, lanjut Muhadjir, akan dilibatkan dalam pengurusan sertifikat lahan tersebut. “Tinggal persyaratan persuratan resmi aja yang nanti harus diurus di tingkat BPN,” ucapnya.

Baca Juga:  Duh! Warga di Pasir Cina Cianjur Dibuat Resah ODGJ, Aparat Segera Lakukan Ini

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan lahan 2,5 hektare itu sudah siap di bangun. Nantinya, rumah-rumah yang dibangun di lahan itu akan menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha).